Del Piero Anggap Italia Lebih Baik dari Spanyol

Editor: Syarkawi author photo
Del Piero menilai Italia lebih baik dari Spanyol di Euro 2020. (AP/Stuart Franklin)



Jakarta — Legenda timnas Italia Alessandro Del Piero menilai permainan Tim Azzurri lebih baik dari Spanyol selama tampil di Euro 2020 (Euro 2021).

Italia akan bentrok dengan Spanyol pada babak semifinal Euro 2020 di Stadion Wembley, London pada Rabu (7/7) dini hari WIB. Del Piero yang mendukung Gli Azzurri juga mencoba untuk menganalisis kekuatan kedua tim.

“Italia tampil percaya diri setelah memulai Euro 2020 tanpa menjadi favorit. Italia menunjukkan permainan yang lebih baik dari La Roja dan, meski saya tidak berpikir mereka [Italia] favorit, nilai duel ini sangat seimbang,” kata Del Piero, dilansir dari AS.

Menurut Del Piero, kekuatan utama tim asuhan Roberto Mancini adalah adalah keindahan dan persatuan. Tak adanya pemain berstatus bintang membuat harmonisasi di dalam tim terjalin dengan baik dan semuanya bahu-membahu mencapai target.

Lini tengah Italia yang diisi tridente Nicolo Barella, Jorginho, dan Marco Verratti, dinilai sangat solid. Penggantinya, Manuel Locatelli dan Matteo Pessina, tak kalah bagus. Belum lagi duet gaek di lini pertahanan: Giorgio Chiellini dan Leonardo Bonucci.

“Mereka [Chiellini dan Bonucci] adalah dua contoh pemain yang tak lagi muda yang sangat baik dengan kinerja tinggi. Melawan Belgia, mereka juga sempurna membimbing rekan setimnya secara emosional yang tidak pernah tampil di level Euro,” ucap Del Piero.

Meski demikian pria berusia 46 tahun ini berharap striker Juventus yang jadi andalan Spanyol, Alvaro Morata bisa mencetak gol ke gawang Italia. Walau tak begitu tajam, Morata dianggap bisa membuka ruang bagi pemain Spanyol lainnya.

“Seperti Italia, terkadang Spanyol juga menunjukkan kebingungan di depan kotak penalti. Kritik terhadap timnas kerap datang, dan pada akhirnya berujung pada pujian. Saya berharap Alvaro Morata mencetak gol, tapi tak membuat Spanyol lolos,” ucap Del Piero sambil tertawa.

Pinturicchio merujuk pada nama pelukis besar Italia era Renaissance, ini menyukai permainan Sergio Busquets. Kehadiran Busquets membuat lini tengah Spanyol lebih hidup dan matang.

“Saya menyukai Spanyol. Di babak penyisihan grup mereka meraih poin yang kurang dari sepantasnya. Saya juga melihat Spanyol secara fisik baik, mereka menyentuh bola dan mereka tahu bagaimana melakukan vertikalisasi secara efektif,” ucap Del Piero.

( Sumber: CNN Indonesia)
Share:
Komentar

Berita Terkini