Samsat Lhokseumawe akan menggelar Razia Gabungan

Editor: Syarkawi author photo

 

Lhokseumawe - Meningkatkan kesadaran pembayaran pajak kendaraan bagi masyarakat di Kota berjulukan Kota Petro Dollar, Samsat Lhokseumawe akan menggelar Razia Gabungan.

Kepala UPTD Wilayah V BPKA (SAMSAT Lhokseumawe) Chaidir, SE.MM kepada awak media, Lhokseumawe, Jumat 10 Juni 2022 mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan razia gabungan penertiban administrasi pajak kendaraan bermotor (PKB), merupakan salah satu upaya dari Samsat Lhokseumawe untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam pemenuhan kewajiban berkendaraan bermotor.

Lanjut Chaidir, razia gabungan pajak kendaraan pada dalam bulan ini akan dilaksanakan di titik-titik yang strategis dengan pertimbangan ketertiban lalu lintas dan keamanan jalan raya, kita akan lakukan di beberapa lokasi yang berbeda dalam kawasan kota lhokseumawe dengan melibatkan unsur polisi lalulintas polres lhokseumawe, POM, unsur dinas Perhubungan kota lhokseumawe dan Petugas Samsat.

“Untuk antisipasi terjaring dalam penindakan saat pelaksanaan Razia Gabungan kami menghimbau masyarakat kota lhokseumawe dalam berkendaraan memastikan kelengkapan surat-surat kendaraan seperti STNK, Notice Pajak dipastikan tidak menunggak, serta memakai helm dan kelengkapan berkendaraan lainya.”terang Chaidir”

Selain pelaksanaan kegiatan razia gabungan administrasi PKB, Samsat Lhokseumawe juga melaksanakan serangkaian kegiatan sosialisasi bersama unsur pemerintahan kota lhokseumawe dengan menghadirkan layanan SAMSAT Jemput Pajak Online (JEMPOL) ke Instansi Pemerintahan/ SKPK Kota Lhokseumawe, ke kantor kecamatan dan kantor Geusyik dalam kawasan kota lhokseumawe.

‘Tujuannya adalah menghadirkan layanan pembayaran PKB langsung di tengah-tengah masyarakat dengan demikian akan meningkatkan kesadaran dan keinginan masyarakat dalam membayar PKB” harap ka UPTD V BPKA ini.

Selain instansi pemerintahan Samsat Jempol juga hadir rutin setiap harinya di warung kopi dengan program Layanan SAMSAT warung kopi sampai bulan Agustus 2022 dengan jadwal, Senin: Wilayah Kecamatan Muara Dua di DR Kupi Espresso, Selasa: Wilayah Kecamatan Banda Sakti di D’Royal Coffee Space, Rabu: Wilayah Kecamatan Muara Satu di R2 Coffee dan Kamis: Wilayah Kecamatan Blang Mangat di Resto 116 Sa Sa Nam. “Sesuai dengan slogan SAMSAT Lhokseumawe ingin menghadirkan layanan Cepat, Mudah dan Menyenangkan,” ujar Chaidir kepada awak media, Lhokseumawe,

Lanjut Chaidir, masyarakat sudah mulai meningkat kesadaran dalam pembayaran PKB ini terlihat dari pencapaian penerimaan pembayaran PKB di tahun 2020 sejumlah Rp. 27,3 M dengan 45.596 unit kendaraan dan pada tahun 2021 sejumlah Rp. 31, 1 M dengan 49.075 unit ada kenaikan sebesar 4 M atau bertambah 3.497 unit kendaraan yang membayar pajak pada tahun 2021.

Chaidir juga mengatakan bahwa keberhasilan pencapaian target ini juga dukungan dari masyarakat yang taat pajak. Walaupun begitu, masih banyak juga masyarakat yang enggan membayar pajak, maka dengan program Samsat Jempol yang melayani pembayaran PKB di warung kopi, ia mengharapkan masyarakat bisa membayar pajak kendaraannya dengan taat dan tepat waktu.

untuk tahun 2022 kita menargetkan pencapakai pembayaran PKB sebesar 33 M dan pada saat ini bulan juli capaian pembayaran di Samsat Lhokseumawe mencapai Rp. 15,9 M dengan 22.412 unit kendaraan yang sudah bayar pajak sampai dengan 09 juni 2022.

“Insyaallah target ini akan tercapai dengan semakin meningkatkannya partisipasi masyarakat untuk membayar pajak kendaraan bermotor,” tutup chaidir secara optimis.[]

Share:
Komentar

Berita Terkini