Tanamkan Jiwa Disiplin dan Nasionalisme, Ini Yang Dilakukan Babinsa Koramil Darul Imarah

Editor: Syarkawi author photo

 

Aceh Besar Meningkatkan disiplin generasi penerus bangsa yang ada di wilayah binaannya, Babinsa Koramil 11/Darul Imarah Kodim 0101/Kota Banda Aceh Sertu Ritno memberikan memberikan Pelatihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) kepada pelajar, Senin (17/1/2022).

Dalam pelaksanaan kegiatan pelatihan berlangsung di Halaman SMP IT Luqmanul hakim. Berlokasi di Desa Lamtheun Kecamatan Darul Imarah, Kabupaten Aceh Besar itu tetap mematuhi prosedur Protokol Kesehatan (Prokes) yang berlaku

Pelatihan PBB diawali dengan memberikan teori kepada para pelajar. Kemudian dilanjutkan dengan materi praktek, agar tertanam betul di benak siswa tersebut tentang kedisiplinan.

“Ini adalah dasar dalam membentuk sikap mental dan karakter yang baik. Kedisiplinan yang baik, adalah awal dari keberhasilan sesungguhnya,” kata Sertu Ritno.

Sebelumnya juga, Babinsa Koramil 11/Darul Imarah itu menumbuhkembangkan jiwa nasionalisme pelajar dengan memberikan materi Wawasan Kebangsaan (Wasbang). Materi wawasan kebangsaan yang dipaparkan meliputi, tentang empat pilar Negara yaitu Pancasila, UUD 45, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

“Di masa pandemi Covid-19 yang belum berakhir, kita juga mengingatkan pelajar agar selalu mematuhi Prokes. Sebab penyebarannya dapat terputus dan diakhiri, bila adaptasi kebiasaan baru itu bisa terlaksana sebaik mungkin,” tegasnya.

Terpisah, Komandan Koramil 11/Darul Imarah Letda Arh T. Ben Gade mengatakan, Babinsa sebagai ujung tombak Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil), wajib menumbuhkembangkan jiwa nasionalisme dan menanamkan jiwa kedisiplinan kepada para pelajar.

“Hal ini sangat penting dan harus dilakukan, sehingga jiwa kebangsaan dan disiplin para pelajar semakin kuat dan tidak mudah dipecah belah,” ucapnya.

Dirinya juga berharap, dengan upaya yang dilakukan, generasi penerus bangsa akan semakin solid dan tangguh. Sehingga terpatri jiwa Kebangsaan dan nasionalisme, serta disiplin yang kuat untuk menangkal segala hal yang bersifat negative.[]

Share:
Komentar

Berita Terkini