Kakan Kemenag Ingatkan Hati-hati Memilih Biro Travel Umroh

Editor: Syarkawi author photo

 


Takengon  - Terkait maraknya penipuan yang dilakukan oleh biro travel umroh yang tidak jelas, yang menyebabkan terlantarnya calon jemaah umroh, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tengah, H. Bentara Saidi, S Ag, MA mengingatkan agar masyarakat lebih hati-hati memilih biro travel umroh.

Sebelum mendaftar ke perusahaan penyelenggara umroh, Bentara menyarankan agar terlebih dahulu berkonsultasi dengan Kantor Kemenag melalui Pusat Pelayanan Haji dan Umroh Terpadu.

"Jangan tergiur dengan tawaran biaya murah dan janji-janji fasilitas yang ditawarkan, teliti dulu biro perjalanan umrohnya, apakah terdaftar di Kemenag atau tidak, karena sekarang ini banyak sekali travel umroh tidak resmi yang beroperasi di daerah ini" ujar Saidi, Senin (29/5/2023) di ruang kerjanya.

Sementara itu  Kasi Haji dan Imroh Kantor Kemenag Aceh Tengah, H. Marjan, S Ag, menjelaskan bahwa sampai dengan saat ini hanya ada 7 biro travel umroh yang terdaftar di Kantor Kemenag Aceh Tengah.

"Sesuai data yang ada pada kami, perusahaan travel umroh yang resmi terdaftar di Kantor Kemenag Aceh Tengah, hanya 7 perusahaan, jadi selain yang tujuh ini, kami anggap ilegal, meskipun mempunyai kantor cabang di sini" ungkap Marjan.

Lebih lanjut Marjan merincikan, ketujuh perusahaan penyelenggara umroh yang resmi terdaftar tersebut adalah PT. Sarana Berkah Azzikra, PT Patuna Mekar Jaya, PT Al Falah Tour and Travel, PT Grand Shafa Nauli, PT Ameera Mekkah, PT Zam Zam Prima Persada dan PT Khazanah Al Ansari.

"Nama-nama perusahan tersebut yang kami rekomendasikan kepada masyarakat, karena operasional mereka selalu dalam pengawasan kami" lanjutnya.

Untuk memastikan bahwa travel umroh yang akan digunakan benar-benar amanah dan bertanggung jawab penuh, Marjan mempersilahkan calon jamaah umroh berkonsultasi terlebih dahulu ke Pusat Layanan Haji dan Umroh Terpadu (PLHUT) Kabupaten Aceh Tengah.

"Silahkan mengunjungi pusat layanan kami di jalan Paya Ilang, Komplek MAN 1 Takengon, petugas kami akan siap membantu memberikan informasi" jelasnya.

Selain datang langsung ke kantor PLHUT, Marjan juga memberikan nomor telepon seluler yang bisa dihubungi masyarakat untuk memperoleh informasi tentang umroh, yaitu pada nomor 085359000137.[]

Share:
Komentar

Berita Terkini