Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah Menggelar Pendidikan Kader Ulama Ke-XI Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kabupaten Aceh Tengah

Editor: Syarkawi author photo

 


Takengon - Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah Menggelar Pendidikan Kader Ulama (PKU) Ke-XI Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kabupaten Aceh Tengah, yang diselenggarakan di Aula MPU Kabupaten Aceh Tengah pada Kamis, 7 September 2023. Acara ini dibuka secara resmi oleh Penjabat Bupati Aceh Tengah, Ir. T. Mirzuan, MT, yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Keistimewaan Aceh, Kemasyarakatan, dan Sumber Daya Manusia, Ir. Khaidir, MM.

Dengan tema "Melalui Pendidikan Kader Ulama Kita Tingkatkan Wawasan Dan Pemahaman Keagamaan Calon Ulama Masa Depan," acara PKU Ke-XI MPU Kabupaten Aceh Tengah Tahun 2023 akan berlangsung selama 10 hari, mulai tanggal 7 hingga 17 September 2023.

Dalam sambutan tertulis yang disampaikan oleh Penjabat Bupati Aceh Tengah, diungkapkan bahwa ulama memiliki peran sentral dalam masyarakat Islam karena mereka dianggap sebagai pewaris para Nabi. Mereka memegang tanggung jawab untuk menggambarkan sifat, perilaku, kepribadian, dan tindakan yang sesuai dengan ajaran para Nabi.

Selain sebagai pemegang ilmu agama, ulama juga diharapkan menjadi penggerak, motivator, dan dinamisator dalam kehidupan masyarakat. Khaidir, yang mewakili Penjabat Bupati, menyampaikan harapannya bahwa melalui PKU ini, para kader ulama akan menjadi tokoh yang berilmu, berakhlak, dan berwawasan luas dalam ilmu agama serta ilmu-ilmu lainnya. Mereka diharapkan dapat membimbing umat sesuai dengan tuntutan syari'at Islam.

Khaidir juga menekankan pentingnya integritas tinggi dalam membangun kehidupan umat beragama dan menekankan bahwa PKU ini bertujuan untuk mempersiapkan calon-calon kader ulama yang siap meneruskan perjuangan ulama, membina kader ulama yang ada, dan membentuk kader ulama baru yang berkualitas dan kompeten.

“kemudian manfaatkanlah teknologi digital yang serba canggih dimasa kini, selain lulusan PKU ini nantinya diharapkan dapat memahami wawasan keagamaan yang moderat, penggunaan teknologi informasi dalam berdakwah juga harus dikuasai,” tambahnya.

Penjabat Bupati Aceh Tengah juga menghimbau kepada para peserta agar mengikuti kegiatan ini dengan serius dan berharap bahwa PKU ini akan meningkatkan semangat dalam memperjuangkan agama Allah SWT.

Dalam sambutan lainnya, Ketua MPU Aceh Tengah, Tgk. Amri Jalaluddin, mengungkapkan bahwa PKU ini merupakan program unggulan MPU dan dilaksanakan berdasarkan Qanun Nomor 2 tahun 2009 tentang fungsi, kedudukan, serta tugas MPU Kabupaten Aceh Tengah. Program ini bertujuan agar peserta dapat menguasai ilmu pengetahuan Islam, baik yang bersifat tradisional maupun kontemporer, dan dapat merespons berbagai tantangan yang dihadapi umat dalam berbagai aspek kehidupan.

Hadir dalam acara ini berbagai tokoh penting, termasuk Wakil Ketua Majelis Permusuhan Ulama Kabupaten Aceh Tengah, Anggota Dewan Kehormatan Majelis Perumusan Ulama Kabupaten Aceh Tengah, Anggota Komisi A, B, dan C Kabupaten Aceh Tengah, Kepala Riat GPU Kabupaten Aceh Tengah beserta staf, panitia acara, Baitul Mal Kabupaten Aceh Tengah, Kementerian Agama Dinas Syariat Islam Kabupaten Aceh Tengah, dan 28 peserta pengkaderan ulama angkatan Ke-XI Tahun 2023.

Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah berkomitmen untuk terus mendukung dan memajukan pendidikan agama serta pembinaan kader ulama demi kemajuan masyarakat dan agama Islam wasathiyah moderat di Aceh Tengah. []

Share:
Komentar

Berita Terkini