Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024, Pj Bupati Nagan Raya Beri Penghargaan

Editor: Syarkawi author photo

 


Suka Makmue - Pemerintah Kabupaten Nagan Raya menggelar upacara peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLHS) 2024.

Upacara yang dipimpin oleh Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas ini berlangsung di halaman Kantor Bupati Kompleks Perkantoran Suka Makmue, Senin (10/6/2024).

Pj Bupati membacakan sambutan tertulis Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia, Siti Nurbaya.

Dalam sambutan Menteri LHK disebutkan bahwa 5 Juni yang diperingati sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia merupakan Keputusan Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 1972 saat Konferensi Stockholm.

“Hingga kini dalam peringatannya secara mendunia, pusat peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dimandatkan kepada satu Negara yang ditunjuk dan untuk 2024, Kerajaan Arab Saudi menjadi tuan rumah Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024,” kata Fitriany.

Lebih lanjut, Fitriany menyampaikan bahwa fokus HLHS 2024 di Indonesia adalah pemulihan lahan, pengendalian desertifikasi, dan ketahanan terhadap kekeringan.

Hal tersebut sejalan dengan diterbitkannya Peraturan Presiden Nomor 98 Tahun 2021 tentang Nilai Ekonomi Karbon (NEK) yang bertujuan mendorong aksi mitigasi dan adaptasi perubahan iklim.

“NEK menjadi bagian dari kekayaan alam Indonesia yang harus dimanfaatkan untuk sebesar-besarnya bagi kemakmuran rakyat,” ujar Fitriany.

Usai upacara, Pj Bupati Fitriany Farhas menyerahkan piagam penghargaan kepada sejumlah stakeholder atas partisipasinya sehingga Kabupaten Nagan Raya meraih Penghargaan Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan 2023.

Penghargaan tersebut diberikan kepada sejumlah keuchik, kepala sekolah dan perusahaan yang beroperasi di wilayah Kabupaten Nagan Raya, yaitu Keuchik Purwodadi dan Purwosari Kecamatan Kuala Pesisir, Keuchik Simpang Peut Kecamatan Kuala, Kepala SMA Negeri 2 Kuala, Kepala SMP Negeri 5 Seunagan, dan Kepala SD Negeri Purwodadi.

Selanjutnya PT Bara Energi Lestari (Bel), PT Surya Panen Subur (SPS), PT Kharisma Iskandar Muda, PT Fajar Baizuri & Brother, PT Brata Subur Persada, PT Socfindo Kebun Seunagan, PT Socfindo Kebun Seumayam, CV Kuari Suak Bilie serta Koperasi Produsen Biru Muda Raya.[InfoPublik]

Share:
Komentar

Berita Terkini