Universitas Serambi Mekkah Peraih Dana Penelitian Peringkat 6 Nasional

Editor: t.khairolrazirazi@yahoo.co.id author photo

                                             

Rektor USM (tengah), Para Wakil Rektor dan Ketua LPPM USM

Meuligoe Aceh com. Surat Direktur Riset dan Pengabdian Masyarakat, Kementerian Riset dan Teknologi/ Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/ Brain),  Nomor B/112/E3/RA.00/2021 Tanggal 18 Februari 2021, memberikan khabar baik bagi para dosen peneliti Universitas Serambi Mekkah (USM). Surat tersebut juga menempatkan USM sebagai pemenang dana penelitian top 10 di tingkat nasional.

Kesuksesan mendapatkan dana hibah pemerintah dengan meloloskan 30 proposal penelitian menempatkan universitas yang didirikan oleh Pahlawan Nasional tersebut, Dr. Mr. T. Haji Moehammad Hasan bertengger di rangking 6 nasional kategori binaan.

Capaian ini tidak lepas dari kinerja yang ditunjukkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) USM selama ini, sehingga USM sebaris dengan universitas-universitas ternama lainnya seperti Universitas Jenderal Achmad Yani Yogjakarta dan Universitas Sembilanbelas November (Negeri) Kolaka-Sulawesi.

Persiapan-persiapan menyongsong dana pemerintah tersebut dilakukan LPPM USM mulai dari sosialisasi aturan, bimbingan teknis (Bimtek), dan pendampingan digitalisasi proposal ke laman similitabmas Kemenristek/ Brain, sebelum dan jelang penerimaan proposal beberapa waktu lalu.

Rektor USM, Dr. Teuku Abdurahman, SH, SpN, kepada media mengatakan bahwa kita patut bersykur dengan capaian ini bukan hanya USM dapat bersanding dengan universitas lain di tingkat nasional tetapi juga karena geliat LPPM selama ini telah menunjukkan hasil nyata. Rektor juga mengapresiasi tim LPPM yang solid dan terus memberikan dukungan teknis kepada para dosen/ peneliti USM.

Sementara itu, tokoh yang dianggap memegang peran kunci dibalik capaian prestasi nasional ini, Muslem Daud, Ph.D (Ketua LPPM USM) menyampaikan ucapan selamat kepada para dosen pemenang hibah ini. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada para Pimpinan dan para pendamping Senior yng terus berkontribusi sehingga jumlah pemenag hibah meningkat tajam dari tahun sebelumnya.

‘Alhamdulillah hasil ketekunan para dosen membuahkan kegembiraan; dan bagi yang belum berhasil supaya mempersiapkannya lebih bagus lagi lewat berbagai peluang lain. Kami di LPPM siap memfasilitasi dan mendukung penuh’ ujarnya menyemangati.

Menurut Dr. Dian Aswita, S.Pd, M.Pd (Sekretaris LPPM), didampingi Almukarramah, S.Pd, M.Pd (Bagian Administrasi LPPM) mengatakan bahwa kita masih menunggu pengumuman dana hibah Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Kiranya akan ada dana tambahan lagi untuk para dosen USM sehingga kirah USM melalui para dosen dan civitas akademikanya kian meningkat kepada masyarakat Aceh khususnya dan Indonesia pada umumnya. Semoga. Amin.  

Share:
Komentar

Berita Terkini