Gampong Di Aceh Utara Diminta Proaktif Dalam Percepatan Vaksinasi

Editor: Syarkawi author photo

 

Meuligoe Aceh.com - Aparatur gampong di wilayah hukum Polres Lhokseumawe diminta proaktif dan peduli terhadap program percepatan vaksinasi Covid-19 yang saat ini sedang digencarkan oleh pemerintah. Demikian beberapa hasil dari rapat koordinasi (Rakor) percepatan vaksinasi Covid-19 yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Utara dan Polres Lhokseumawe di aula Hotel Lido Graha Lhokseumawe, Rabu sore, 20 Oktober 2021.

Rakor tersebut melibatkan semua unsur pejabat Forkopimda Aceh Utara, para Kepala SKPK, para Muspika dalam wilayah hukum Polres Lhokseumawe, para Kepala Puskesmas dan sejumlah geusyik.

Rakor percepatan vaksinasi tersebut bertujuan untuk menyatukan sikap dan komitmen semua unsur dalam upaya peningkatan persentase vaksinasi. Dengan Sasaran 315 gampong dalam 12 kecamatan di wilayah barat Kabupaten Aceh Utara yang masuk dalam wilayah hukum Polres Lhokseumawe.

Percepatan pelaksanaan vaksinasi bagi masyarakat menjadi target penting untuk penurunan status PPKM (Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) di wilayah Aceh Utara dari Level 3 ke Level 2, bahkan diharapkan harus mampu mencapai ke Level 1.

Untuk itu, diharapkan kepada semua aparatur dapat proaktif dan peduli terhadap program percepatan vaksinasi ini. Khususnya bagi aparatur gampong diharapkan dapat memberikan edukasi dan pencerahan, serta mengajak masyarakat agar mau divaksin demi kemaslahatan bersama.

Kapolres Lhokseumawe AKBP Eko Hartanto, SIK, MH, secara khusus meminta bantuan para geusyik dan aparatur gampong agar mengajak warga masyarakat untuk mau divaksin.

Kapolres menekankan agar para Muspika turut bekerja ekstra sehingga capaian target vaksinasi terhadap 50 persen dari jumlah penduduk dapat tercapai pada akhir tahun 2021.

“Para aparatur gampong agar terus bekerja sama dengan para stakeholder di kecamatan dan gampong,” harap Eko Hartanto dalam Rakor yang juga dihadiri Bupati Aceh Utara H Muhammad Thaib, perwakilan dari Kodim 0103/Aceh Utara dan perwakilan dari MPU Aceh Utara.

Sementara itu Bupati H Muhammad Thaib pada kesempatan tersebut menyampaikan dukungan sepenuhnya upaya yang dilakukan oleh Kapolres Lhokseumawe.

“Ini misi penyelamatan masyarakat Aceh Utara agar terhindar dari virus Covid-19. Melalui Rakor ini kita satukan tekad untuk meningkatkan angka vaksinasi di gampong dan kota dalam Kabupaten Aceh Utara dan Saya mohon kepada geusyik untuk benar-benar bekerja menyadarkan masyarakat akan pentingnya vaksinasi,” kata Cek Mad, sapaan akrab Bupati Aceh Utara.

Disebutkan, pelaksanaan vaksinasi harus sesuai dengan pemetaannya supaya lebih terencana. Kita harus perangi corona, salah satunya adalah dengan cara bersama-sama bersinergi dalam percepatan pelaksanaan vaksinasi.

“Vaksinasi ini halal, jangan mudah termakan hoaks, karena vaksinasi ini merupakan salah satu upaya percepatan pencegahan virus Covid-19. Kami semua berharap agar ke depannya Aceh Utara menjadi kabupaten yang paling cepat melaksanakan vaksinasi,” ungkap Cek Mad.

Vaksinasi di Kabupaten Aceh Utara telah diupayakan juga untuk para pelajar, baik tingkat SMP, SMA, bahkan juga di dayah sudah mulai dilakukan vaksinasi.

Kedisiplinan protokol kesehatan harus ditingkatkan agar kasus dapat ditekan. Kecamatan yang cakupan vaksinasinya masih kurang untuk terus dikejar. Kesehatan menjadi prioritas utama untuk mendukung pemulihan ekonomi.

Selain itu Cekmad juga mengucapkan terimaksih kepada semua pihak yang mendukung dan bekerja keras dalam melakukan vaksinasi.

“Terimakasih atas kerja keras berbagai pihak dalam upaya penanggulangan Covid-19,atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Aceh Utara, saya mengucapkan terimakasih kasih, kita sama-sama bekerja untuk penanganan Covid-19,” kata Cek Mad. Tutup cek mad[*]

Share:
Komentar

Berita Terkini