Tumbuhkan nilai-nilai perjuangan bangsa, Babinsa latih PBB kepada siswa SMP

Editor: Syarkawi author photo

 


Aceh Besar – Guna untuk menumbuhkan rasa kepekaan terhadap nilai-nilai perjuangan bangsa, Anggota Koramil 26/Kuta Cot Glie Kodim 0101/Kota Banda Aceh, Serda Roniyaldimo (Babinsa), Bimbing Siswa-siswi SMP dan berikan pelatihan dasar peraturan baris berbari (PBB), Kegiatan tersebut berlangsung pada hari Rabu (09/03/2022), di halaman SMPN 2 Kuta Cot Glie, Kecamatan Kuta Cot Glie, Kabupaten Aceh Besar.

 

Materi yang diberikan berupa pembekalan nilai-nilai pengamalan Pancasila dan nilai-nilai sejarah perjuangan bangsa, Selain itu Serda Roniyaldimo selaku Babinsa juga mengisi mereka secara praktis dengan latihan dasar Peraturan Baris Berbaris (PBB), tata cara Penghormatan, dan Dasar-dasar Kedisiplinan.

 

Dalam pelaksanaan praktek materi PBB tersebut, Babinsa menjelaskan serta memberi contoh gerakan tahap-pertahap agar dapat dimengerti dan diikuti oleh seluruh Siswa-siswi sebagai peserta latihan.

 


“Dalam pelaksanaannya kami berikan contoh gerakan secara teori dan akan menilai gerakan tersebut, jika masih ada yang salah maka kita koreksi dan diulangi lagi sampai benar, Ini merupakan salah satu metode latihan secara praktis,” Terangnya.

 

Ia juga menjelaskan, Dengan adanya pelatihan PBB diharapkan para Siswa-siswi dapat mengerti maksud dan tujuan dari pelatihan tersebut, sehingga nantinya mampu menerapkannya di sekolah maupun di lingkungan tempat tinggal masing-masing.

 

"PBB ini juga merupakan langkah awal bagi para Siswa-siswi sekolah untuk mengenalkan kedisiplinan,” Ucap babinsa.

 

Menurutnya, PBB juga memiliki manfaat yang sangat berguna bagi siswa-siswi sekolah yaitu melatih daya konsentrasi, mendorong belajar tentang solidaritas (kekompakan) dalam bentuk tim, belajar mendengar dan patuh serta belajar untuk diam dan mengatur emosi.

 

Disisi lain, Terlihat para Siswa-siswi pun begitu antusias terhadap pelatihan yang diberikan oleh Babinsa sebagai instruktur. Saat pemberian teori secara praktis mereka memperhatikan dengan seksama apa yang dijelaskan oleh Babinsa dan pada saat praktek mereka pun terlihat penuh semangat mengikuti gerakan demi gerakan yang dilatihkan.[]

Share:
Komentar

Berita Terkini