Kodim 0101/KBA Gelar Pembinaan dan Pemberdayaan KBT Tahun 2022, Ini Tujuannya

Editor: Syarkawi author photo

 


Banda Aceh – Salah satu tugas Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD) yang diatur dalam UU RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI adalah melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat dengan menyiapkan segala potensi dan sumber daya yang ada secara dini untuk kepentingan pertahanan negara di darat.

 

Untuk mencapai hal itu, TNI AD telah melaksanakan berbagai upaya dan tindakan dalam mempersiapkan komponen bangsa sebagai sumber daya untuk mendukung pertahanan negara dan pembangunan bangsa.

 

Komponen bangsa yang menjadi objek pembinaan TNI AD adalah Keluarga Besar TNI atau KBT yang diantaranya Pemuda Panca Marga (PPM), Keluarga Besar (KB) Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan Indonesia (FKPPI), Generasi Muda (GM) FKPPI, dan Himpunan Putra Putri Keluarga Angkatan Darat (HIPAKAD).

 

Seperti dilaksanakan oleh Komando Distrik Militer (Kodim) 0101/Kota Banda Aceh (KBA) melalui kegiatan silaturahmi dengan menyelenggarakan pembinaan dan pemberdayaan Keluarga Besar TNI Tahun 2022, Selasa (23/8/2022).

 

Bertemakan “SDM Keluarga Besar TNI Unggul, NKRI Kuat”, kegiatan digelar di Aula Makodim 0101/KBA Jalan S.T.A Mahmudsyah Nomor 32, Gampong Baro, Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh dengan menghadirkan narasumber Lektor Kepala Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Banda Aceh Kamaruzzaman Bustamam Ahmad, Ph.D.

 

Kepala Staf Kodim (Kasdim) Letnan Kolonel (Letkol) Inf M. Fahdi, S.H mengatakan, tujuan kegiatan ini digelar untuk meningkatkan rasa cinta tanah air, Wawasan Kebangsaan (Wasbang) dan kesadaran bela negara bagi Keluarga Besar TNI guna mendukung Tugas Pokok TNI.

 

“Kemudian, membentuk kader-kader pemimpin yang berkepribadian, memiliki jiwa Pancasila dan Nasionalis terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” ujar Kasdim yang mewakili Komandan Kodim 0101/KBA Kolonel Inf Muhammad Nas, S.I.P., M.Si.

 

Tidak hanya itu, lanjutnya, program Pembinaan dan Pemberdayaan ini juga dapat meningkatkan pemahaman Keluarga Besar TNI tentang mempertahankan NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

 

“Momen seperti ini, diharapkan Keluarga Besar TNI dapat terus berkontribusi positif dan menjadi kepanjang tangan TNI AD disetiap lini kehidupan berbangsa dan bernegara,” tutupnya.[*]

Share:
Komentar

Berita Terkini