Pj Bupati Aceh Besar: Kegiatan Satu Jam Memungut Sampah Terus Berlanjut Hingga Kebersihan Membumi di Lokasi Wisata

Editor: Syarkawi author photo
Aksi 1 Jam Memungut Sampah di Lokasi Wisata Berlanjut, Hotel Kyriad Ikut Terlibat

 

KOTA JANTHO  – Program pembersihan lokasi wisata di Aceh Besar melalui aksi satu jam memungut sampah di lokasi wisata pada setiap Sabtu yang telah dicanangkan Pj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto SSTP, pekan lalu, kini terus berlanjut. Wisata pantai seputaran Kecamatan Lhoknga masih menjadi fokus utama pada Sabtu (15/10/2022) hari ini.

Asisten I Sekda Aceh Besar, Drs Farhan AP  didampingi Abdullah, Kadis Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Parpora) Aceh Besar, memimpin acara satu jam memungut sampah di lokasi wisata pada pagi tadi. Seperti yang telah ditetapkan dan disepakati, pada hari ini, juga melibatkan delapan organisasi perngkat daerah (OPD).

Selain itu juga turut ikut serta dari kalangan pelaku usaha wisata dan dari Hotel Kyriad Muraya Banda Aceh yang juga melakukan aksi bersih bersih lokasi wisata dalam rangka menuju HUT ke-5 KHMA.

Seperti sepekan sebelumnya, kegiatan satu jam memungut sampah di lokasi wisata itu diawali dengan apel peserta di pelataran Masjid Lampuuk, termasuk dari kalangan Hotel Kyriad juga ikut apel.

Setelah dilakukan apel yang termasuk untuk menentukan lokasi pembersihan masing masing OPD dan peserta lainnya, barulah kegiatan dengan label gotroy satu jam saja itu dimulai.

Dalam kesempatan Gotroy satu jam saja yang juga dihadiri Staf Ahli serta Asisten Sekda Aceh Besar itu, Drs Abdullah atas nama Pj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto SSTP MM menyerahkan armada kebersihan roda tiga jenis Viar kepada Camat Lhoknga, Ibnu.

Armada itu nantinya akan digunakan untuk pengangkutan sampah dari lokasi wisata ke penampungan sementara.

Di sela sela aksi memungut sampah itu, koordinator bersama peserta memasang rambu rambu peringatan keselamatan wisatawan pada beberapa titik di kawasan pantai lampuuk.

“Alhamdulillah hari ini, program bersih pantai berlangsung sesuai rencana. Semua OPD yang mendapat giliran tampak ikut serta dengan serius, selain juga peserta lain non OPD,” kata Abdullah.

Membumikan Kebersihan

Sementara secara terpisah PJ Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto SSTP MM kembali menegaskan komitmennya untuk mewujudkan lokasi wisata yang benar benar bersih di Aceh Besar.

Bukan hanya sekadar bersih lingkungan, namun juga bersih hingga fasilitas ibadah dan toilet sekalipun. “Karenanya kita akan terus melakukan aksi Gotroy 1 jam memungut sampah ini, hingga terwujud sikap bersih yang menjadi denyut nadi pelaku wisata di manapun di Aceh Besar. Bukan hanya wisata bahari tapi juga wisata alam.

Selain itu sikap bersih juga harus tertanam di sanubari para pengunjung. Ini perlu komitment yang konsisten dari semua pihak. Kita sedang menuju ke a rah itu,” tegas Muhammad Iswanto seraya memberikan apresiasi kepada manajemen Kyriad yang telah ikut serta membersihkan lokasi wisata di Aceh Besar.

Dok, MC

Berlanjut Hingga Pertengahan Nopember

Sementara Bambang Pramusinto selaku General Manager Kyriad Muraya Hotel Aceh, secara terpisah dalam kesempatan gotroy satu jam itu mengatakan, manajemen Kyriad berpartisipasi dalam pembersihan lokasi wisata itu, dalam ragka peringatan HUT ke-5 Hotel Kyriad.

“kegiatan bersih-bersih pantai masih berlanjut hingga pertengahan November mendatang. Pada kesempatan kali ini Kyriad Muraya Hotel Aceh bekerja sama dengan Pemkab Aceh Besar untuk melakukan giat bersih-bersih di Pantai Lampuuk dan sekitarnya,” kata Bambang.

Bambang Pramusinto selaku General Manager Kyriad Muraya Hotel Aceh juga mengungkapkan rasa syukurnya, karena kerjasama antara masyarakat pelaku wisata Pantai Lampuuk dengan Instansi pemerintahan sangat baik, dalam menjaga lingkungan sekitar.

“Alhamdulillah, kerjasama hari ini sangat positif dan semoga Pantai Wisata Lampuuk ini selalu bebas dari sampah dan tetap menciptakan Lingkungan yang nyaman seperti ini,” kata Bambang”[adv]

Share:
Komentar

Berita Terkini