Personel Polsek Ulee Lheue Bersama Petugas Damkar Padamkan Api di Lahan Seluas 0,5 Hektar

Editor: Syarkawi author photo

 

Banda Aceh - Personel Polsek Ulee Lheue bersana petugas DPKP, Relawan RAPI serta TNI berhasil memadamkan api yang melalap sebuah lahan kosong di Gampong Ulee Lheue, Banda Aceh, Selasa (25/7/2023) siang.

Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol Fahmi Irwan Ramli melalui Kapolsek Ulee Lheue, Iptu Hendra Syahputra mengatakan, kejadian diketahui pada saat sekira Personil Polsek Ulee Lheue yang sedang melaksanakan Patroli.

“Saat itu, personel melihat adanya kumpalan asap berasal dari lahan kosong yang berada di belakang Pasar Rakyat Ulee Lheue Jalan Pelabuhan Lama Ulee Lheue,” ucap Hendra.

Kemudian lanjutnya, Personil Polsek Ulee Lheue menghubungi pihak Pemadam Kebakaran Kota Banda Aceh, yang kemudian direspon oleh Pos Damkar Keudah dengan mengirimkan Armada Damkar ke lokasi terjadinya Kebakaran.

“Quick respon DPKP Banda Aceh luar biasa, dengan meluncurnya Armada Pemadam, sehingga bersama – sama kami dapat memadamkan api dan tidak merembes kelokasi lainnya,” tutur Hendra.

Proses pemadaman dilakukan dengan menggunakan alat pemadam api berupa alat semprot dan alat pemadaman lainnya. Personel Polsek dan Pemadam Kebakaran serta dibantu TNI dan Relawan RAPI bekerja sama untuk memastikan bahwa api benar-benar berhasil dipadamkan dan tidak ada sisa-sisa api yang masih bisa memicu kebakaran, sebut Hendra lagi.

Selain itu, petugas juga melakukan upaya penyebaran air untuk meredam suhu di sekitar area yang terkena kebakaran. Hal ini dilakukan untuk mencegah kemungkinan adanya kepulan asap atau bara yang bisa membuat api kembali membesar.

Kerja sama dan koordinasi yang baik antara anggota Polsek dan petugas Pemadam Kebakaran memainkan peran yang penting dalam proses pemadaman tersebut. Dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa yang dilaporkan, tambahnya.

Hendra menjelaskan, setelah api berhasil dipadamkan, petugas Polsek dan Pemadam Kebakaran tetap berjaga di lokasi untuk memastikan bahwa tidak ada api yang kembali muncul.

Kami mengimbau kepada masyarakat agar lebih berhati-hati dalam membuang puntung rokok atau menggunakan api terbuka di lingkungan yang rawan kebakaran, terutama di lahan kosong. Selain itu, mereka juga mengingatkan warga untuk segera melaporkan kejadian yang mencurigakan atau melihat adanya tindakan yang dapat memicu terjadinya kebakaran, harapnya.

Keberhasilan penanganan kebakaran ini menjadi bukti nyata bahwa kerja sama antara petugas Polsek dan Pemadam Kebakaran serta TNI dan RAPI sangatlah penting dalam menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat. Diharapkan kejadian serupa tidak akan terulang kembali di masa mendatang, pungkasnya.[]

Share:
Komentar

Berita Terkini