Juara 2 Kayoh Jaloe Menjadi Piala Pembuka Aceh Tengah di Event Pekan Kebudayaan Aceh ke-8 Tahun 2023

Editor: Syarkawi author photo

 

Banda Aceh  – Semarak Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-8 tahun 2023 dimeriahkan dengan perlombaan Kayoh Jaloe (Lomba Perahu Tradisional Aceh) dengan persaingan yang ketat, Aceh Tengah Membawa Pulang Juara ke-2 diantara Puluhan pedayung dari 21 kabupaten/kota di Aceh ikut yang berpartisipasi dalam perlombaan Kayoh Jaloe di Krueng Lamnyong, Banda Aceh, Senin (6/11/2023).

Lomba Kayoh Jaloe ini diadakan sebagai bentuk melestarikan kembali permainan tradisional Aceh. Dalam pelaksanaannya, lomba Kayoh Jaloe terbagi dalam tiga babak, yakni penyisihan, semifinal, dan final.

Sebelum pertandingan dimulai, masing-masing peserta terlebih dahulu dipanggil oleh wasit untuk memasuki lintasan sesuai nomor urut. Setiap perahu didayung dua orang dengan jarak 200 meter.

Adapun 21 kabupaten/kota yang ikut dalam perlombaan Kayoh Jaloe yaitu Aceh Tamiang, Aceh Singkil, Pidie, Sabang, Bireuen, Aceh Jaya, Aceh Barat, Abdya, Simeulue.

Lalu Aceh Tenggara, Banda Aceh, Nagan Raya, Aceh Tengah, Bener Meriah, Aceh Besar, Aceh Timur, Subulussalam, Aceh Selatan, Aceh Utara, Langsa, dan Pidie Jaya (Pijay).

Ketua Tim Pelaksana Lomba Perahu Tradisional, Dr. Sukardi Putra, M.kes. mengatakan, dalam perlombaan Kayoh Jaloe panitia pelaksana hanya menerima 21 kabupaten/kota yang mendaftar, sementara dua daerah lainnya tanpa keterangan. “Kami hanya menerima nama-nama 21 daerah itu tiga diantaranya Banda Aceh, Bener Meriah, dan Pijay didiskualifikasi Walk Out (WO) lantaran tidak hadir ke lokasi,” katanya.

Di Terik Cuaca cerah, Khairul Adha dan Irham Gayo Tetap semangat. Meskipun air Krueng Lamnyong sedikit keruh, Tidak Menurunkan Semangat Atlit Kebanggaan Aceh Tengah dan semua peserta bertanding dalam kondisi baik dan kompetitif.

Kabupaten Aceh Tengah dengan Penuh Semangat menduduki Peringkat ke-2 setelah Kabupaten Aceh Besar, Assisten 2 Ekonomi Pembangunan Setdakab Aceh Tengah Harun Manzola SE, MM. yang saat ini menjabat Plt. Kadisdikbud Aceh Tengah Memberi Apresisi terhadap Atlit yang sudah Berkompetisi di Event PKA ke-8 tahun 2023 “Alhamdulillah Prestasi Aceh Tengah di mulai dari perlombaan Kayoh Jaloe yang merupakan Lomba Perahu Tradisional Aceh, Insyaallah kedepan masih banyak prestasi yang akan kami kejar dalam event kebudayaan terbesar se-Aceh ini”. ujar Harun Manzola.[]

Share:
Komentar

Berita Terkini