Dua Sembuh, Kasus Baru Positif Covid-19 Bertambah 199 orang di Aceh

Editor: Syarkawi author photo



Banda Aceh—Penderita Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) yang dinyatakan sembuh kian tak sebanding dengan kasus positif baru harian. Pasien yang sembuh dalam 24 jam terakhir hanya dua orang. Sedangkan kasus positif baru bertambah 199 orang. Sementara itu, dalam kurun waktu yang sama dilaporkan tiga pasien Covid-19 meninggal dunia di Aceh.

Hal tersebut diungkapkan oleh Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani secara tertulis kepada awak media massa di Banda Aceh, Kamis (20/5/2021).

“Penambahan kasus baru hari ini mencapai 199 orang dibandingkan kasus positif kemarin yang sebanyak 147 orang,” ujarnya.

Juru Bicara yang akrab disapa SAG itu menjelaskan, kasus konfirmasi baru positif Covid-19 dalam 24 jam terakhir meliputi warga Banda Aceh 48 orang, Aceh Besar 28 orang, Bireuen 18 orang, Langsa 17 orang, Lhokseumawe 16 orang, warga Bener Meriah dan Pidie masing-masing 11 orang.

Kemudian, warga Aceh Utara 10 orang, Nagan Raya sembilan orang, dan Aceh Selatan enam orang. Selanjutnya warga Aceh Jaya lima orang, Aceh Barat tiga orang, warga Aceh Barat Daya, Pidie Jaya, dan Sabang masing-masing dua orang.

Selanjutnya, virus corona juga menginfeksi masing-masing satu warga Aceh Tengah dan Gayo Lues. Sedangkan sembilan orang lainnya merupakan warga dari luar daerah yang tinggal menetap atau pelaku perjalanan ke Aceh.

Sementara itu, pasien yang dilaporkan sudah sembuh sebanyak dua orang, yakni masing-masing satu orang warga Aceh Tamiang, dan satu lagi warga Aceh Selatan.

Sedangkan tiga orang yang dilaporkan meninggal dunia, yakni warga Aceh Tamiang dua orang, dan satu lagi warga Aceh Selatan.

“Kasus positif baru yang terus meningkat ini hendaknya menjadi alarm bagi kita semua, bahwa penyebaran virus corona sangat tinggi di tengah masyarakat. Lindungi diri, keluarga dan tetangga kita semua, dengan disiplin protokol kesehatan,” himbau SAG.

*Data akumulatif*

Selanjutnya SAG mengatakan, bila kita lihat secara akumulatif kasus Covid-19 di Aceh, per  12 Mei 2021, telah mencapai 12.814 kasus/orang. Rinciannya, para penyintas, yang sudah sembuh dari Covid-19 sebanyak  10.469 orang. Penderita yang kini dirawat 1.830 orang, dan pasien yang meninggal dunia sudah mencapai 515 orang.

“Data akumulatif tersebut sudah mencakup penambahan kasus konfirmasi baru Covid-19 dalam 24 jam terakhir, pasien yang sembuh, dan yang dilaporkan meninggal dunia,” tuturnya.


“Penderita Covid-19 yang meninggal dunia tiga orang, dalam waktu 24 jam terakhir,” katanya.


Lebih lanjut ia laporkan kasus probable yang secara akumulatif sebanyak 717 orang, meliputi 633 orang sudah selesai isolasi, 7 orang isolasi di rumah sakit, dan 77 orang meninggal dunia. Kasus probable merupakan kasus-kasus yang menunjukkan indikasi kuat sebagai Covid-19, urai SAG.

Sedangkan kasus suspek secara akumulatif tercatat sebanyak 9.279 orang. Suspek yang telah usai isolasi sebanyak 9.069 orang, sedang isolasi di rumah 150 orang, dan 60 orang sedang isolasi di rumah sakit, tutupnya [*]
Share:
Komentar

Berita Terkini