Tiga Masker Ini Efektif Cegah Covid-19 Asal Dipakai Dengan Benar

Editor: Syarkawi author photo
Ilustrasi Orang memakai masker



Banda Aceh |  Badan Kesehatan Dunia yang bernaung di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) atau WHO merekomendasikan tiga jenis masker yang dinilai efektif mencegah paparan virus corona.

“Masker merupakan salah satu bentuk intervensi non farmasi untuk mencegah terpapar virus corona,” kata Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani kepada awak media di Banda Aceh, Kamis (17/6/2021).

Ia mengatakan, masker dapat diimplementasikan dengan biaya minimum tanpa mengubah aktivitas sosial seseorang secara ekstrem.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan tiga jenis masker yang dinilai efektif memberi perlindungan bagi seseorang dari percikan air liur (droplet) atau dahak orang lain, yakni masker N95, masker medis/bedah, dan masker kain.

Masker N95, jelas Juru Bicara yang akrab disapa SAG itu, mampu memfilter setidaknya 95% partikel melayang di udara, menyaring virus, bakteri, jamur, debu serta menghilangkan partikel non-berminyak cair seperti semprotan anti serangga atau minyak wangi.

Sementara masker medis/bedah yang terbuat dari 3 lapisan bahan non-tenun sintetis memiliki tingkatan filtrasi dan tahan air.

Mampu menyaring sekitar 80-85% partikel yang dihirup, katanya mengutip WHO dalam “Buku 2 Pengendalian Covid-19” dari Satgas Penanganan Covid-19 Nasional.

Masker melindungi hidung dan mulut agar tidak bersentuhan dengan tetesan yang bisa membawa kuman.

Masker ini hanya sekali pakai, dengan durasi maksimum 4 jam dan masker harus diganti jika dalam keadaan lembab dan/atau basah.

Setelah itu harus dibuang sesuai prosedur pembuangan limbah medis.

Sedangkan masker kain, lanjut SAG, memiliki efektivitas 50-70%.Bisa dicuci kemudian dipakai kembali. Pemakaian maksimal 4 jam, sehingga disarankan membawa masker cadangan.

Masker ini tidak dapat digunakan oleh tenaga kesehatan sebagai alat pelindung diri (APD).

“Efektifitas perlindungan masker juga ditentukan oleh cara pemakaiannya dengan benar, disiplin dan konsisten,” ujarnya.

Masker efektif memberi perlindungan dari pemaparan virus corona jika digunakan dengan cara yang benar.

Ia memberi petunjuk, jangan menyentuh masker sebelum membersihkan tangan dengan sabun atau han sanitizer, pastikan sisi masker yang berwarna di bagian luar saat dipakai.

Kemudian, tidak menyentuh bagian dalam masker dan masker menutup mulut, hidung, dan dagu dengan rapat.

Jepit atau tekan bagian atas masker agar mengikuti lekuk pangkal hidung sehingga tidak ada celahnya. Hindari menyentuh masker saat dipakai.

Selanjutnya, segara ganti masker jika lembab atau basah. Jangan memakai masker lebih dari empat jam.

Saat melepas masker dengan memegang bagian tali pengaitnya, dan jangan menyentuh bagi luar atau dalam masker.

Selanjutnya buang masker bekas ke tempat sampah agar tidak membahayakan bagi orang lain dan mencemari lingkungan.

“Pemakaian masker yang benar merupakan bentuk ikhtiar, tapi tidak mengabaikan doa kepada Allah SWT agar kita semua terlindung dari virus corona dan marabahaya lainnya,” ujar SAG.[*]
Share:
Komentar

Berita Terkini