Pelihara Keindahan Lingkungan, Babinsa Rumpet Bersama Masyarakat Bersihkan Jalan Gampong

Editor: Syarkawi author photo

 


Aceh Besar – Karya Bakti bersama masyarakat merupakan salah satu peran Bintara Pembina Desa atau lebih dikenal dengan sebutan Babinsa yang memiliki tugas Pembinaan Teritorial (Binter), yang mana didalamnya menyangkut pembinaan wilayah sebagai fungsi pembinaan Babinsa bersama masyarakat.


Seperti hal dilakukan oleh Babinsa Koramil 08/Kuta Baro Kodim 0101/Aceh Besar Serda M. Rupin terlihat sedang membersihkan tanaman yang tumbuh disepanjang jalan bersama masyarakat di Desa Rumpet, Kecamatan Kuta Baro, Kabupaten Aceh Besar. 


Menurutnya, kehadiran Babinsa di tengah-tengah masyarakat dapat menjadi penyemangat dan motivasi kerja, selain itu, juga sebagai ajang silaturahmi agar Babinsa lebih dekat dengan warga binaannya.


“Kegiatan ini adalah salah satu fungsi yang menjadi aplikasi di lapangan bagi Apkowil sebagai contoh dan motivasi guna menumbuhkan semangat gotong royong di tengah masyarakat,” ujarnya saat dikonfirmasi, Sabtu (25/12/2021).


Dikatakan, karya bakti pembersihan lingkungan ini merupakan salah satu kegiatan rutinitas yang dilakukan untuk memelihara keindahan, kebersihan dan kenyamanan di lingkungan Desa Rumpet.


“Aksi bersih-bersih kali ini kita sasarkan pada jalan yang telah di tumbuhi rumput tinggi dan semak belukar dengan membawa alat masing-masing,” katanya 


Ia mengungkapkan bahwa setiap dilaksanakan Karya Bakti seperti ini, pihaknya selalu berkoordinasi dengan aparat dan tokoh masyarakat gampong untuk menentukan titik-titik sasaran dan juga mengajak masyarakat lainnya agar ikut serta dalam kegiatan tersebut.


“Setiap kegiatan Kita selalu berkoordinasi agar saat pelaksanaan bisa mengetahui sasaran mana saja yang menjadi prioritas pembersihan,” ungkapnya.


Dirinya meminta kepada masyarakat bisa terus melestarikan kegiatan seperti ini agar memberikan contoh kepada para pemuda yang merupakan generasi penerus bangsa sehingga budaya gotong royong yang menjadi budaya leluhur bangsa.


“Saya harap ini bisa terus dilestarikan agar kelak kedepannya generasi muda kita bisa meneruskannya dan tidak hanya jadi kegiatan seremoni saja,” tutupnya.[]

Share:
Komentar

Berita Terkini