Soft Launching Sharing packaging dan Sharing Marketing Koperasi Wirausaha Unggul Bersama Indonesia

Editor: Syarkawi author photo


Banda AcehKantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Aceh menggelar Soft Launching Sharing packaging dan Sharing Marketing Koperasi Wirausaha Unggul Bersama Indonesia pada Rabu, (30/3/2022) di Sekretariat Koperasi Wirausaha Unggul Bersama Indonesia, Jl Jendral Sudirman No 82, Kota Banda Aceh.

UMKM memiliki peran penting bagi perekonomian Indonesia karena memberikan sumbangan signifikan khususnya dalam pembentukan produk domestik bruto dan penyerapan tenaga kerja. 


UMKM juga dipercaya memiliki ketahanan ekonomi yang tinggi sehingga dapat menjadi penopang bagi stabilitas sistem keuangan dan perekonomian. 

Namun demikian, pengembangan UMKM masih menghadapi berbagai kendala, diantaranya yaitu dari sisi sarana dan prasarana, legalitas usaha, kapasitas SDM, permasalahan pembiayaan, akses terhadap pemasaran dan pemanfaatan teknologi, Ungkap Achris.

Sebagai upaya dalam menghadapai permasalahan tersebut, Achris menuturkan bahwa Bank Indonesia memutuskan untuk melakukan intervensi berupa pengembangan dan pemberdayaan UMKM dari hulu ke hilir. 

Upaya tersebut tentunya disesuaikan dengan kebutuhan dan pemberian solusi yang tepat sesuai dengan kebutuhan UMKM.



Dalam rangka mengambangkan UMKM di sisi hilir, Bank Indonesia telah menginisiasi pembentukan sharing packaging dan sharing marketing  sebagai cikal bakal terbentuknya sharing factory di Aceh. 

Ide tersebut bertujuan untuk efisiensi operasional usaha UMKM dan kemudahan dalam pengurusan perijinan UMKM.

“Sharing packaging dan Sharing marketing  juga dapat menjadi jawaban atas permasalahan terkait ketersediaan sarana dan prasarana UMKM. Dengan adanya Sharing packaging dan Sharing marketing, UMKM diharapkan mampu meningkatkan skala produksi dan menekan biaya operasional yang selama ini menghambat ekspansi dan eskalasi UMKM”, Tutur Achris Sarwani.

Acara seremonial tersebut juga turut dihadiri Kepala dinas koperasi; Helvizar Ibrahim, Direktur Operasional Bank Syariah Indonesia; Lazuardi, Kasubag TU Disperindag; Zulfahmi dan mentor bisnis “Yuk Bisnis”; Jaya Setiabudi.[]

Share:
Komentar

Berita Terkini