Pj Bupati Aceh Besar : Saya Dedikasikan Penghargaan WTP untuk ASN dan Rakyat Aceh Besar

Editor: Syarkawi author photo

 

JAKARTA – Ada kegembiraan khusus untuk Pj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto, saat menerima secara langsung penghargaan dari Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di Gedung Danaphala, Kemenkeu, Jakarta, Kamis (22/09/2022) pagi.

Penghargaan dimaksud adalah ganjaran dari Menkeu atas sukses Aceh Besar mempertahankan predikat wajar tanpa pengecualian (WTP) 10 kali secara beruntun. “Saya dedikasikan penghargaan fenomenal ini untuk seluruh ASN dan masyarakat Aeh Besar,” kata Iswanto yang tampil dengan busana batik dipadu celana hitam casual.

Menurut Iswanto, apresiasi dan dedikasi kepada jajaran ASN itu, tak lepas dari kerja kolektif lintas sectoral dalam menerapkan konsep akuntabilitas pada pengelolaan anggaran di Pemkab Aceh Besar. Selain itu tentu saja lembaga divisi keuangan Aceh Besar selaku leading sector telah melakukan tugasnya dengan sangat terukur untuk pengelolaan anggaran di Aceh Besar secara optimal.

Sementara sukses itu juga tak lepas dari kontribusi masyarakat Aceh Besar yang mendukung terlaksananya kebijakan pengelolaan dan pelaporan anggaran secara akuntabel di Aceh Besar. Dengan antara lain melakukan proses pembangunan sesuai dengan ketentuan yang ada, termasuk dalam hal laporan keuangan serta progress report yang tepat waktu serta sesuai dengan kondisi lapangan.

Pj Bupati juga memberi apresiasi dan terimakasih kepada seluruh sesepuh, semua para bupati terdahulu, pimpinan dan seluruh anggota DPRK Aceh Besar yang telah membangun pondasi kokoh untuk akuntabilitas penganggaran Aceh Besar,” tutur Muhammad Iswanto, pagi tadi.

Menurut Iswanto, hasil yang diraih itu juga tak terlepas dari kerja kolektif semua pihak di Aceh Besar, dan itu juga buah dari soliditas yang makin terjalin, dengan menanggalkan sikap personal dan kelompok. “Penghargaan Ini menjadi bukti yang tak terbantahkan dari kerja kolektif dibarengi soliditas lintas sektoral, hingga melahirkan produk akuntabilitas mumpuni dalam laporan penganggaran yang sesuai dengan tuntutan birokrasi kekinian,” tutur Iswanto.

Sebelumnya, Menkeu Sri Mulyani dalam surat undangannya untuk para kepala daerah menyebutkan, event penghargaan itu juga untuk meningkatkan akuntabilitas laporan keuangan dan kinerja Pemerintah Daerah hingga Pemerintah Pusat.

Selain itu juga untuk menjaga komitmen dalam percepatan pemulihan ekonomi nasional.

Kementerian Keuangan juga menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2022 dengan tema “Mengawal Akuntabilitas Keuangan dan Kinerja untuk Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”.

Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan tahun ini dilaksanakan dalam beberapa rangkaian kegiatan, mulai 22 Agustus sampai dengan 22 September 2022, berupa aneka lomba, webinar, coaching clinic, dan talkshow, termasuk pemberian penghargaan kepada entitas pelaporan peraih Opini WTP dengan kategori tertentu.”[*]

Share:
Komentar

Berita Terkini