Kegitan yang berlangsung sejak 14-17 Juli 2023 berhasil menarik perhatian masyarakat Aceh dan wisatawan mancanegara. Hal ini dibuktikan dengan kunjugan wisatawan yang memadati festival tersebut berdasarkan hasil checker panitia.

Kesuksesan ACF  juga didukung oleh 41 UMKM kabupaten/kota, 124 UMKM food market dan 11 UMKM dari luar provinsi Aceh.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Sejarah dan Nilai Budaya Disbudpar Aceh Evi Mayasari dalam sambutannya menyebutkan ACF 2023 bisa menjadi peluang bagi perkembangan bisnis UMKM kuliner terkhusus di Aceh.

Menurutnya, meskipun ACF tahun ini hanya 11 kabupaten/kota yang ikut berpartisipasi dari tahun sebelumnya sebanyak 21  kabupaten/Kota yang bergabung, tentu akan menjadi evaluasi bagi panitia penyelenggara dalam pelaksanaan even selanjutnya.

“Tentunya saran dan masukan tetap kami terima selaku panitia penyelenggara acara serta kekurangan yang dari kami pantau hari ini akan menjadi catatan penting bagi kami panitia dalam mengelola acara,” ujar Evi.

“Selamat saya ucapkan kepada kabupaten/kota yang telah menang, bukan berarti yang kalah itu tidak berarti, ini adalah bagian dari upaya kita sebagai pelestarian kuliner di Aceh. Ucapan terimakasih pula Kemenparekraf RI yang telah mendukung kegiatan Aceh Culinary Festival, juga kepada teman-teman keamanan Satpol PP, DLHK, Dinas Perhubungan, Polresta yang telah membantu pelaksanaan kegiatan ini secara baik,” ungkap Evi.

Anggota DPR RI Komisi X Illiza Sa’adduin Djamal saat memberikan kata sambutan turut merasakan bagaimana masyarakat Aceh sangat cinta dengan kegiatan seperti Aceh Culinary Festival. Serta mampu memperkenalkan makanan khas Aceh kepada masyarakat luar yang berhadir.

“Mudah-mudahan kedepannya event kuliner ini bisa mendunia, bisa menyajikan makanan-makanan kuliner serta dapat mendatangkan makanan dari turki misalnya yang sudah cukup banyak dinikmati masyarakat Aceh dari Malaysia juga,” harap Illiza.

Lebih lanjut, Illiza juga mengatakan, event seperti Aceh Culinary Festival bisa dikemas lebih menarik lagi sehingga bisa terus menjadi kalender tahunan dan kedepannya juga bisa berkolaborasi bersama-sama agar terlaksana megah yang akan mendatangkan multipihak.

Sebatas informasi selamat kepada pemenang paviliun kuliner terbaik dan lomba masak ACF 2023.

Paviliun Kuliner Terbaik

  • Juara 1 : Gayo Lues
  • Juara 2 : Bireuen
  • Juara 3 : Pidie
  • Harapan 1 : Nagan Raya
  • Harapan 2 : Aceh Tengah

Lomba Masak Tema : Ikan, Ayam dan Daging

  • Juara 1 : Aceh Tengah
  • Juara 2 : Bireuen
  • Juara 3 : Banda Aceh
  • Harapan 1 : Aceh Barat
  • Harapan 2 : Aceh Selatan