14 hari bertugas, Pj. Walikota Lakukan Kunjungan Pertamanya ke Desa Terluar Kota Langsa

Editor: Syarkawi author photo

 14  hari bertugas, Pj. Walikota Langsa Lakukan Kunjungan Pertamanya ke Desa Terluar Kota Langsa


Langsa - Penjabat (Pj). Walikota Langsa Syaridin, S.Pd., M.Pd bersama unsur Forkompimda mengunjungi pulau terluar Gampong Teulaga Tujoh (Pusong) Kota Langsa, Kecamatan Langsa Barat, Sabtu (16/09/23).

Rombongan Pj Walikota Langsa yang disambut oleh Geuchik Teulaga Tujoh Irwansyah, terdiri dari Dandim 0104/ Aceh Timur Letkol. Inf. Tri Purwanto, S.I.P, Asisten I Suriyatno AP., MSP, kepala Dinas Sosial, Armia SP, kepala Dinas Perhubungan, Bambang Suriansyah, kepala BPBD Nursal Syahputra S.STP, kepala BPKD Khairul Ichsan S.STP, Kabag Prokopim, Muzammil,  Plt  Kabag umum Rizky Julianda, Sekretaris Camat Langsa Barat, Rudi, Danpos AL, Kasat Airud dan Danramil Langsa Barat.

Setiba di sana, orang nomor satu dalam Pemerintahan kota Langsa ini dengan berjalan kaki menyaksikan langsung kondisi kehidupan masyarakat Teulaga Tujoh. Bahkan, ia mengaku sangat prihatin dengan luasan daratan pantai yang terus tergerus akibat abrasi.

"Kita melihat bahwa kondisi desa ini yang jumlah anggota keluarga mencapai 487 KK dengan jumlah penduduk 187.000 jiwa. Yang sangat dibutuhkan saat ini oleh masyarakat setempat adalah pemecah ombak untuk menyelamatkan desa mereka, yang tadinya luas desa ini mencapai 36 hektar kurang lebih sedangkan saat ini tinggal 12 hektar," katanya.

Selain itu, lanjutnya, masyarakat Teulaga Tujoh juga mengalami masalah mendasar dalam kehidupan mereka yaitu terkait penyediaan air bersih. Pasalnya, selama ini kebutuhan air bersih masih tergantung pada pasok dari kota ke desa tersebut.

Untuk mengatasi masalah ini Pj. Walikota mengusulkan agar di daerah tersebut disiapkan atau dibangun sejumlah sumur bor supaya masyarakat tidak kesulitan ketersediaan air bersih.

"Dan persolan kedua adalah penyediaan air bersih sebagai sumber kehidupan baik dikonsumsi maupun untuk kebutuhan lainnya. Jika memungkinkan kita sedang melihat bagaimana membangun sumur bor bila ada sumbernya," sebut Syaridin.

Dia menambahkan bahwa permasalahan yang dialami oleh masyarakat Teulaga Tujoh akan menjadi perhatian utama pemerintah kota Langsa terutama dalam kesetaraan pembangunan di desa tersebut.

"Mungkin ini akan menjadi perhatian kita bersama agar masyarakat disini dapat juga menikmati pembangunan seperti masyarakat di daerah lain. Mudah-mudahan dengan kunjungan kami ini secara bersama sehingga apa yang dapat kita lakukan maka akan kita upaya semaksimal mungkin untuk kesejahteraan masyarakat Teulaga Tujoh," ujarnya.

Sementara itu geuchik Gampong Teulaga Tujoh, Irwansyah menuturkan bahwa masyarakatnya sangat mengharapkan perhatian pemerintah untuk menempatkan tenaga kesehatan seperti dokter di puskesmas pembantu (Pustu).

"Kami sangat berharap bapak Pj Walikota Langsa dapat menugaskan dokter atau menempatkan tenaga kesehatan dokter mungkin selama ini di Pustu Teulaga Tujoh yang bertugas masih mantri," imbuh Irwansyah.[]

Share:
Komentar

Berita Terkini