Bank Hikmah Wakilah Peroleh Penghargaan Nasional Ke-10 Kalinya

Editor: Syarkawi author photo


Banda Aceh - Bank Hikmah Wakilah, bank syariah lokal yang beroperasi di Kota Banda Aceh, kembali mengukir prestasi gemilang dalam dunia perbankan Indonesia. Kali ini, bank yang telah berusia 29 tahun ini meraih penghargaan yang luar biasa untuk ke-10 kalinya dari Majalah Infobank, sebagai Bank Pembiayaan Rakyat (BPR) Syariah dengan kinerja sangat bagus pada tahun buku 2022, dalam kategori aset sebesar Rp.100 hingga Rp.250 miliar.

Direktur Utama Bank Hikmah Wakilah, Sugito, SE., ME mengatakan, Bank Hikmah Wakilah telah lama menjadi bagian integral dalam membantu pengusaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Aceh untuk mendapatkan akses modal usaha hingga Rp.2 miliar.

Selain itu, bank ini juga memberikan layanan pembiayaan untuk pembelian rumah layak huni dan rumah toko dengan jangka waktu hingga 15 tahun, dengan margin yang bersaing.

Pencapaian gemilang ini datang pada saat bank ini tengah merayakan usianya yang ke-29 tahun.

Dikatakannya, selain memperluas pelayanan kepada masyarakat, manajemen Bank Hikmah Wakilah juga melaksanakan kegiatan donor darah massal bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Banda Aceh di kantor pusat mereka, yang menghasilkan pengumpulan 100 kantong darah.

Sugito menyebutkan, selain penghargaan dari Majalah Infobank, Bank Hikmah Wakilah juga meraih Penghargaan TOP GRC (Governance Risk Management and Compliance) Awards 2023 dengan predikat 4 bintang dari majalah Top Business.

“Bank ini menjadi satu-satunya BPR Syariah di Indonesia yang memperoleh penghargaan ini, ” ujar Sugito mempertegas komitmennya dalam menerapkan tata kelola perusahaan yang baik dan benar.

Sugito menyebutkan, Bank Hikmah Wakilah menerima Penghargaan TOP GRC di Jakarta pada tanggal 6 September 2023, sementara Penghargaan Infobank diterima oleh Direktur Operasional, Drs. Rusli, pada tanggal 27 September 2023.

“Kedua penghargaan ini memperkuat posisi Bank Hikmah Wakilah sebagai bank syariah yang unggul dalam industri perbankan nasional,” tuturnya.

Berbicara tentang kinerja bank hingga triwulan ketiga September 2023, Direktur Utama Bank Hikmah Wakilah, itu mengungkapkan prestasi yang membanggakan.

Jumlah aset bank mencapai Rp.174 miliar, meningkat 22% dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2022, yang sebesar Rp.143 miliar.

Pembiayaan yang disalurkan kepada UMKM hingga September 2023 mencapai Rp.146 miliar, naik sebesar 27% dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2022, yang sebesar Rp.115 miliar.

Kemudian, Dana pihak ketiga dalam bentuk tabungan dan deposito mencapai Rp.134 miliar, naik sebesar 12% dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2022, yang sebesar Rp.120 miliar, dengan pencapaian tabungan sebesar Rp.22 miliar dan deposito sebesar Rp.111 miliar. Pencapaian ini menunjukkan tingginya kepercayaan masyarakat terhadap bank.

“Sedangkan Perolehan laba bank sebelum pajak hingga September 2023 mencapai Rp.3,6 miliar, meningkat sebesar 16% dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2022 yang mencapai Rp.3,1 miliar,” ungkapnya dengan bangga.

Saat ini, kata Sugito, Bank Hikmah Wakilah saat ini memiliki enam jaringan kantor yang tersebar di Banda Aceh, Aceh Besar, dan Beureunuen di Pidie, terdiri dari satu Kantor Pusat, tiga Kantor Cabang, dan dua Kantor Kas.

Dengan perkembangan kinerja yang mencengangkan selama dua tahun terakhir, Bank Hikmah Wakilah semakin memperkuat posisinya sebagai salah satu pelaku utama dalam mendukung pertumbuhan UMKM di Aceh dan meraih penghargaan bergengsi dari majalah Infobank untuk ke-10 kalinya merupakan bukti nyata kesuksesan mereka dalam mewujudkan visi dan misi perbankan syariah di Indonesia.

Sumber : Habanusantara.net

Share:
Komentar

Berita Terkini