Kampung Payatumpi Baru Perkenalkan Potensi Desa Di Ajang KIMFest 2023

Editor: Syarkawi author photo

 


Surabaya - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo RI) menyelenggaraan Festival KIM (Komunitas Informasi Masyarakat) 2023 di Kota Surabaya, Festival ini dipusatkan di Gedung Balai Pemuda - Alun-alun Surabaya dan berlangsung selama dua hari, yaitu pada 27 dan 28 Oktober 2023. Festival KIM 2023 merupakan ajang penghargaan bagi Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) yang telah berprestasi dalam memberikan pelayanan informasi dan pemberdayaan masyarakat. Acara ini juga memberikan ruang pameran bagi KIM terbaik dari setiap provinsi di Indonesia, yang memamerkan beragam inovasi dan program pemberdayaan masyarakat di stand-stand pameran mereka.

Acara Festival KIM 2023 ini resmi dibuka oleh Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, dan dihadiri oleh pejabat Kemenkominfo RI, seperti Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP), Usman Kasong, serta Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Kemenkominfo RI, Hasyim Gautama. Jumat (27/10/2023).

Hasyim Gautama, Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Kemenkominfo RI, menjelaskan bahwa tujuan dari KIMFest 2023 adalah untuk meningkatkan kinerja Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) sebagai perantara komunikasi antara pemerintah dan masyarakat. Festival ini juga bertujuan untuk memberdayakan KIM sebagai mitra strategis dalam menyebarkan informasi terkait kebijakan dan program prioritas pemerintah nasional.

"KIMFest ini adalah salah satu ajang apresiasi sekaligus membuka jaringan KIM-KIM yang hadir dari setiap provinsi untuk menjalin kemitraan," kata Hasyim Gautama.

Festival KIM 2023 tidak hanya berfokus pada memperkuat jaringan KIM di seluruh Indonesia, tetapi juga mencakup sosialisasi pelayanan publik, stand pameran KIM dari seluruh provinsi, pelayanan publik dari berbagai kementerian, lembaga, BUMN, bazar UMKM, dan penyerahan penghargaan kepada KIM yang berprestasi.

Selain kegiatan inti, festival ini juga menawarkan berbagai hiburan, seperti pertunjukan band, games interaktif, atraksi sulap, kesenian budaya Kota Surabaya, dan lainnya. Acara ini juga akan menggabungkan sosialisasi pemilu melalui pertunjukan rakyat yang dibawakan oleh Kartolo.

Provinsi Aceh diwakili oleh KIM Payatumpi Baru dari Kabupaten Aceh Tengah dalam Festival KIM 2023. Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Provinsi Aceh (Diskominsa Prov Aceh) telah melakukan seleksi ketat terhadap perwakilan KIM dari kabupaten/kota di Aceh, dan KIM Payatumpi Baru terpilih untuk mewakili Provinsi Aceh pada tingkat nasional.

KIM Payatumpi Baru adalah sebuah KIM yang dikelola oleh masyarakat dan berfokus pada layanan informasi dan pemberdayaan masyarakat di Kampung Payatumpi Baru, Kabupaten Aceh Tengah. Mereka telah aktif melakukan sosialisasi kepada pelaku UMKM tentang cara berjualan melalui media sosial dan memanfaatkan Website Desa/Kampung sebagai sarana penjualan. Produk unggulan dari KIM Payatumpi Baru meliputi Kopi "Ahbab Coffee," Kerawang Gayo "Tajuk Kepies," Sirup Jeruk "Jringku," Cerutu "SWY Gayo Cigar," Topi Khas Gayo "Jembolang Gayo," dan Kelompok Tani "Pucuk Lemi."

Kepala Diskominfo Kabupaten Aceh Tengah, Khairuddin Yoes, menyatakan bahwa kerjasama antara Diskominsa Provinsi Aceh dan Diskominfo Aceh Tengah telah mendukung perkembangan KIM Payatumpi Baru. Kehadiran KIM Payatumpi Baru dalam Festival KIM Tingkat Nasional di Surabaya diharapkan dapat mempromosikan Aceh, khususnya produk-produk unggulan dari daerah tersebut.

"Kami harapkan keberadaan KIM dapat menjadi pemantik dan pemicu tumbuhnya KIM baru atau mengembangkan yang sudah ada, sehingga mendorong pembangunan yang maju, pembangunan yang baik, dan berkeadilan di Aceh," kata Kadis kominfo Aceh Tengah.

Festival KIM 2023 di Surabaya diharapkan dapat menjadi momentum untuk memperkuat kerjasama antara KIM di seluruh Indonesia, mendukung pemberdayaan masyarakat, dan mengembangkan komunikasi publik yang efektif antara pemerintah dan masyarakat.[]

Share:
Komentar

Berita Terkini