Ketua KPK Firli Bahuri Kunker ke Aceh

Editor: Syarkawi author photo

 Ketua KPK Firli Bahuri Kunker ke Aceh

Banda Aceh – Sekretaris Daerah Aceh Bustami Hamzah, bersama Inspektur Aceh Jamaluddin, menyambut kedatangan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi RI Firli Bahuri, beserta rombongan di ruang VIP Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Blang Bintang.

Kunjungan kerja (Kunker) Ketua KPK RI ke Aceh itu dalam rangka peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia), serta Roadshow Bus KPK yang dilaksanakan dalam memeriahkan Hakordia Tahun 2023.

“Sejumlah kegiatan yang digelar oleh KPK di Aceh ini merupakan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka meminimalisir praktik korupsi di Aceh khususnya dan tentu saja di Indonesia secara umum,” ujar Sekda.

“Sebagaimana kita ketahui, selama dalam kegiatan KPK yang umum diketahui masyarakat adalah strategi penindakan. Pada kegiatan ini KPK akan mensosialisasikan dua strategi lain, yaitu pencegahan dan pendidikan,” sambungnya.

Tahun ini, Roadshow Bus KPK dan Road To Hakordia 2023 mengusung tema ‘Sinergi Berantas Korupsi Untuk Indonesia Maju. Kegiatan Roadshow Bus KPK dan Road To Hakordia 2023, di pusatkan di Aceh dan wilayah Timur Papua.

“Kami berharap seluruh masyarakat, khususnya di wilayah Aceh bisa berpartisipasi dalam rangka mensukseskan program sosialisasi pencegahan tindak pidana korupsi melalui Roadshow Bus KPK dan Road To Hakordia ini,” imbau Sekda.

Usai menyambut kedatangan Ketua KPK dan rombongan, Sekda dan Inspektur Aceh juga mendampingi tim KPK RI saat meninjau persiapan lokasi puncak peringatan Hakordia 2023, di Bale Meuseuraya Aceh.

Absen Pemeriksaan Polisi

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri dikabarkan tidak akan memenuhi panggilan polisi, terkait pemeriksaan sebagai saksi dalam kasus dugaan pemerasan pimpinan KPK terhadap eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL). Pemeriksaan yang bersangkutan dijadwalkan pada, Selasa (7/11/2023).

Juru Bicara KPK Bidang Penindakan dan Kelembagaan Ali Fikri mengatakan, pimpinan lembaga antirasuah itu tengah berada di Aceh dalam rangka Road Show Bus (Antikorupsi) dan Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (Harkodia) tahun 2023.

“Saat ini posisi ada di Aceh ya, KPK di sana teman-teman ada beberapa kegiatan yang juga dihadiri oleh Ketua KPK nantinya,” kata Ali Fikri di Jakarta, Senin (6/11/2023).

Pihak KPK telah bersurat ke Polda Metro Jaya, menginformasikan absennya Firli Bahuri. “Sehingga sudah berkirim surat untuk mengkonfirmasi gitu ya ketidakhadirannya,” ujar Ali Fikri.

Direktur Reskrimsus Polda Metro Jaya Komisaris Besar (Kombes) Ade Safri Simanjuntak menyatakan, bakal memeriksa kembali Ketua KPK Firli Bahuri. Keterangannya bakal digali sesuai perkembangan penyidikan.

“Jadi, kita tunggu setelah pemeriksaan tambahan di hari Selasa tanggal 7 november 2023. Nanti kita update ke rekan-rekan media untuk langkah tindak lanjut penyidikan kita lakukan berikutnya,” ucap Ade Safri secara terpisah baru-baru ini.

Firli telah menjalani pemeriksaan sebagai saksi, terkait kasus dugaan pemerasan terhadap SYL pada, Selasa (24/10/2023). Pemeriksaan itu kurang lebih berjalan tujuh jam dari pukul 10.00 – 19.30 WIB di Bareskrim Polri.

Pemanggilan terhadap Firli merupakan kali kedua. Dia sebelumnya telah dipanggil pada Jumat (20/10/2023), namun tidak bisa hadir karena tengah melakukan kegiatan lain.

Polda Metro Jaya telah menaikan kasus tersebut ke tahap penyidikan sejak awal Oktober 2023. Total ada 54 saksi telah diperiksa. Firli diketahui membenarkan pernah bertemu SYL di lapangan bulu tangkis di kawasan Taman Sari, Jakarta Barat pada Maret 2022. (red/Tirto)

Share:
Komentar

Berita Terkini