Kapolres Aceh Selatan tinjau lokasi Jalan Nasional pasca musibah Longsor

Editor: Syarkawi author photo

 

Aceh Selatan  Kapolres Aceh Selatan Polda Aceh AKBP Mughi Prasetyo Habrianto didampingi Kabagops dan Kasat Lantas tinjau langsung Jalan Nasional yang tertimbun longsor, Minggu, 21 Januari 2024.

Usai diguyur hujan terus menerus pada hari minggu 21 Januari 2024 dini hari, jalan nasional Tapaktuan Aceh Selatan menuju Medan Sumatra Utara tertimbun longsor dan pohon tumbang sehingga terganggu arus lalu lintas.

Longsor terjadi di jalan nasional Tapaktuan – Medan tepatnya di lereng perbukitan desa Lhok Rukam kecamatan Tapaktuan. Bukit yang berada dipinggir jalan tersebut longsor hingga menutupi ruas jalan nasional yang menghubungkan dari kota Tapaktuan Aceh Selatan menuju Medan Sumatera Utara.

Akibatnya pengguna jalan baik roda dua dan empat banyak terjebak di jalan tersebut. Sebab saat ini hanya jalan inilah yang menjadi jalan alternatif warga untuk keluar dari Tapaktuan menuju Subulussalam maupun Medan.

Dalam keterangannya Kapolres  mengatakan bahwa kabupaten Aceh Selatan akhir akhir ini terlebih di musim hujan sering dilanda bencana alam seperti Banjir maupun tanah longsor.

“Personil Polres mulai tadi malam sekitar pukul 02.00 dini hari begitu mendapat informasi langsung bergerak menuju lokasi  untuk melakukan pengamanan dan pengaturan lalu lintas. Hingga Minggu siang tadi Personil kami masih di lokasi untuk melakukan pembersihan untuk membuka jalan bersama TNI dan petugas BPBD serta masyarakat. Kita bekerja sama dengan instansi terkait dan masyarakat langsung dengan dibantu alat berat untuk membersihkan material longsor, dan akhirnya sekarang akses jalan yang terdampak longsor pun bisa teratasi dan sudah bisa dilewati semua kendaraan,” ujar Mughi.

Namun demikian Ia mengimbau agar pengguna jalan dan masyarakat lebih hati-hati saat melintas di kawasan yang rawan longsor, mengingat kondisi cuaca yang masih belum stabil di Aceh Selatan.  ” Tetap waspada dan utamakan keselamatan baik dalam berkendara maupun beraktivitas, ” pesan Kapolres.[]

Share:
Komentar

Berita Terkini