GRAM Kecam Aksi Pembacokan Oleh Geuchik Terhadap Ketua Aliansi Indonesia Aceh Utara

Editor: Andi Masta author photo


Aceh Utara, Meuligoe Aceh.Com, Terkait pembacokan terhadap seorang warga Gampong Pulo Kito, Kecamatan Meurah Mulia, Kabupaten Aceh Utara, oleh seorang oknum Geuchik setempat, korban juga ternyata ketua Lembaga Aliansi Indonesia - Badan penelitian Aset Negara (LAI-BPAN) DPC Aceh Utara, kejadian terjadi Sabtu malam tanggal 19 kemarin malam pada pukul 19:30 wib. Minggu, (30/08/2020)


Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat Gerakan Rakyat Aceh Membangun (LSM-GRAM) Muhammad Azhar mengecam keras aksi main hakim sendiri tersebut

"Kita berharap kepada penegak hukum agar kasus ini dapat diproses sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku, korban juga merupakan ketua Aliansi Indonesia". Ujarnya


Pelaku harus mempertanggung jawabkan perbuatannya dihadapan hukum.

"Kita percaya penuh terhadap kinerja penegak hukum, untuk bekerja secara profesional sesuai dengan tugas yang telah diembannya" sambung Azhar.


Diketahui korban merupakan Ketua Aliansi Indonsia yang bertugas di Wilayah Aceh Utara, sementara pelaku merupakan seorang kepala Desa pulo kito bernama M. Yusuf Doni berumur 43 tahun.


Alumni Sekolah Demokrasi Aceh Utara ini juga mengatakan bahwa dilihat dari motif yang dilakukan oleh pelaku ini merupakan percobaan pembunuhan, hal ini dapat dilihat dari tindakan pelaku yang mulai mengikuti korban dan dengan sengaja membawa senjata tajam kemudian menabrakkan kendaraan korban hingga korban terjatuh, dan ketika korban sudah tak berdaya kemudian pelaku menghunuskan parang ke arah leher korban namun korban dapat menangkis dengan kedua tangannya, jadi ini merupakan murni aksi percobaan pembunuhan." tambahnya lagi.


Akibat dari pembacokan dengan menggunakan parang tersebut, lengan Korban bersimbah darah dengan luka sayat yang sangat serius dan sedang menjalani perawatan dari rumah sakit umum Cut Mutia lhokseumwe.


Sementara Kapolres Lhokseumawe, AKBP Eko Hartanto melalui Kapolsek Meurah Mulia, IPDA Sirya Ikbal kepada media mengatakan  :

"Menurut keterangan dari korban bahwa Pada hari sabtu tanggal 29 Agustus 2020 sekira pukul 19.30 wib korban keluar dari rumah tepatnya di desa Pulo kito Kec. Meurah Mulia Kab. Aceh Utara  dan hendak menuju ke simpang rangkaya, sesampai di Desa Ujong Reuba tiba-tiba dari arah belakang datang saudara Yusuf Doni (Geuchik Desa pulo kito kec. Meurah mulia Kabupaten Aceh Utara dengan menggendarai sepeda motor sambil memegang parang dan menyalip korban serta menabrak korban dari samping hingga korban terjatuh" ujar Kapolsek


Sambung Kapolsek " Selanjutnya saudara Yusuf Doni langsung menghayunkan parang ke arah leher akan tetapi korban menangkisnya dengan kedua tangannya sehingga kedua tangan korban terluka, kemudian korban langsung meminta tolong dan sodara Yusuf Doni langsung melarikan diri. Kemudian korban langsung di bantu oleh masyarakat dan di bawa k rumah sakit Umum Cut Meutia" jelasnya


Untuk mempertanggung jawab perbuatannya, Geuchik Pulo Kito diinfomasikan telah menyerahkan diri ke Mapolsek Meurah Mulia, sejauh ini motif pembacokan masih dalam introgasi pihak kepolisian setempat, dan masih dalam tahap mendalami penyelidikan dan penyidikan, kasus ini akan segera kita tangani sesuai hukum, jika sudah ada perkembangan kita akan mengabarkan segera", tutupnya.(masta)

Share:
Komentar

Berita Terkini