1.927 Peserta SNMPTN Lulus di USK

Editor: Syarkawi author photo



Banda Aceh- Sebanyak 1.927 peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dinyatakan lulus di Universitas Syiah Kuala. Jumlah tersebut berdasarkan hasil seleksi SNMPTN yang mendaftar di USK tahun 2021, Banda Aceh, (22/03/ 2021).

Informasi kelulusan jalur SNMPTN ini telah diumumkan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) pada hari ini (22 Maret 2021) pukul 15:00 WIB, melalui laman LTMPT dan 28 laman mirror PTN. Untuk USK, informasi kelulusan ini dapat diakses pada website https://snmptn.unsyiah.ac.id/.

Rektor USK Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng mengungkapkan, secara keseluruhan jumlah pendaftar SNMPTN untuk provinsi Aceh tahun ini berjumlah 15.290 orang. Dari jumlah tersebut sebanyak 36,8% atau 5.626 orang berhasil lulus SNMPTN pada berbagai perguruan tinggi di Aceh.

“Jadi untuk USK, tahun ini kita menerima sebanyak 1.927 calon mahasiswa jalur SNMPTN, sebagian besarnya yaitu 92,26%-nya merupakan lulusan dari SMA/SMK/MA di Aceh,” ucap Rektor.

Selain itu, pada SNMPTN kali ini salah satu program studi di USK yaitu Farmasi berhasil masuk peringkat empat besar, sebagai prodi saintek terketat atau yang paling diminati seluruh Indonesia.

“Ahamdulillah, kita patut bersyukur dan bangga karena hal ini setidaknya menunjukkan prodi di USK semakin diminati. Apalagi, prodi Farmasi ini berhasil mengungguli beberapa perguruan tinggi ternama di Indonesia,” ucap Rektor.

Selanjutnya, calon mahasiswa yang dinyatakan lulus SNMPTN ini diminta untuk mengikuti beberapa tahapan penting lainnya, seperti verifikasi data akademik. Informasi untuk tahapan seleksi ini, dapat dilihat pada website unsyiah.ac.id atau media sosial USK.

Sementara bagi peserta yang tidak lulus SNMPTN, Rektor selaku Wakil Ketua I LTMPT mengharapkan mereka untuk tidak patah semangat. Sebab mereka masih bisa mendaftar masuk perguruan tinggi melalui jalur lainnya, yaitu dengan mendaftar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Di mana jadwal pendaftarannya telah dibuka sejak tanggal tanggal 15 Maret – 1 April 2021. Informasi lengkapnya jalur SBMPTN ini dapat dilihat melalui website www.ltmpt.ac.id.

Untuk informasi lebih lanjut terkait proses seleksi masuk perguruan tinggi ini, peserta dapat melihatnya di website resmi LTMPT, dan apabila ada kendala selama proses pendaftaran atau lainnya dapat menghubungi helpdesk LTMPT, atau Humas USK pada nomor 08116752000. (**)

Share:
Komentar

Berita Terkini