Bupati Mawardi Ali Sebut Kegiatan Pendidikan di Bulan Ramadhan itu Berkah

Editor: Syarkawi author photo

 


Meuligoe Aceh.com ( Aceh Besar )-Sekolah di Aceh Besar mulai hari ini melaksanakan program “Ramadhan Berkah” yang diisi oleh Guru Diniyah dengan konsep menyenangkan dan menebar keberkahan di bulan suci Ramadhan 1442 H.

Bupati Aceh Besar Mawardi Ali menyerahkan sebuah Al Qur’an kepada Guru Diniyah sebagai tanda dimulainya program tersebut di SMPN 3 Ingin Jaya, 15 April 2021.

Mawardi Ali mengatakan bahwa di Bulan Ramadhan tidak ada kata libur dalam belajar, tetapi harus terus diisi dengan kegiatan belajar untuk meningkatkan hafalan, keimanan dan nilai-nilai Ubudiyah serta Akhlaqul Karimah.

“Program pendidikan dalam bulan Ramadhan ini mudah-mudahan bisa terus membentuk karakter dan akhlak anak didik kita berkat bimbingan para guru Diniyah,” katanya.

Pendidikan di Aceh Besar saat ini sudah baik, namun Bupati mengingatkan bahwa kesuksesan pendidikan sejatinya adalah melahirkan anak didik dan menghasilkan manusia yang memiliki karakter dan budi pekerti, bukan hanya pandai dengan nilai tinggi dan bisa menguasai tekhnologi semata.

“Tujuan pendidikan itu melahirkan manusia yang cerdas, berkarakter dan berbudi pekerti yang luhur ,tidak untuk pandai dan bernilai tinggi serta mampu menguasai tekhnologi” ungkap Mawardi Ali.

Ketua Majelis Pendidikan Daerah Aceh Besar Prof Dr Mustanir MSc mengaku bahwa liburnya anak didik pada bulan Ramadhan akan berpengaruh pada terganggunya jadwal harian anak. ” Misalnya menjadi telat bangun, lalai dengan handphone dan sebagainya,” kata Prof Mustanir.

Sehingga Ia berharap program dan kegiatan yang baik dan bermanfaat di Bulan Suci Ramadhan terus menjadi kebiasaan yang membudaya dalam kehidupan generasi didik.

Kepala Disdikbud Aceh Besar, Dr Silahuddin MAg mengatakan program tersebut akan dilaksanakan di semua SD dan SMP mulai 15 hingga 30 April 2021

” Program Ramadan Berkah bertujuan untuk memperdalam, memantapkan, meningkatkan pemahaman, dan penghayatan serta pengamalan ajaran agama Islam bagi peserta didik,” terangnya.

Ia mengatakan bahwa Pelaksanaan Dinul Islam Program Ramadhan Berkah tersebut dilaksanakan untuk jenjang SD mulai pukul 8.30 – 11.00 WIB, sedangkan untuk jenjang SMP dimulai pukul 8.30-11.30 WIB (waktu disesuaikan).

” Pelaksanaan Ramadhan Berkah ini telah dibentuk panitia pelaksana yang bersinergi dan berkoordinasi nnatinya dengan pengawas, guru PAI, guru SPT (Sistem Pendidikan Terpadu) dan komite sekolah/wali murid, atau lembaga lain,” kata Silahuddin.

Program Ramadhan Berkah di satuan pendidikan antara lain diisi dengan kajian keagamaan, shalat Dhuha bersama, tahsin/tahfizd Al-Qur’an, pidato keagamaan, diniyah (Praktek wudhu’, praktek shalat wajib, shalat jenazah dan lain-lain), ceramah agama, buka puasa bersama, dan perlombaan kegiatan Dinul Islam.(**)

Share:
Komentar

Berita Terkini