Sore Ini, Kemenag Aceh Rukyatul Hilal Penentuan Idul Fitri 1442 H

Editor: Syarkawi author photo



 Banda Aceh —Tim Falakiyah Kanwil Kemenag Aceh akan melakukan rukyatul hilal, petang ini, Selasa, 11 Mei 2021 atau bertepatan dengan 28 Ramadhan 1442 H. Pemantauan akan dilakukan di tiga lokasi di antaranya, Observatorium Tgk. Chiek Kuta Karang, Lhokseumawe, dan Simeulue.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, Dr H Iqbal SAg MAg mengatakan, pemantauan dilakukan sebagai laporan untuk ditetapkan dalam sidang isbat 1 Syawal 1442 H yang dipimpin Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, petang ini.

“Hasil pemantauan akan kita laporkan ke Jakarta sebagai bahan pertimbangan,” kata Iqbal.

Sementara itu, Ahli Falakiyah Kemenag Aceh Alfirdaus Putra  mengatakan, diperkirakan hilal hilal berada  minus 4,63 di atas ufuk  pada 29 Ramadhan.

“Karena hilal belum ada (masih di bawah ufuk) di tanggal 29, maka sesuai dengan konsep falakiyah jumlah hari bulan Ramadhan digenapkan 30 hari,” katanya.

Meskipun demikian, ia meminta masyarakat untuk menunggu sidang isbat  1 Syawal 1442 H yang akan dipimpin oleh Menag.

“Kita harap masyarakat menunggu hasil sidang isbat yang dipimpin Menag.  Pemantauan hilal akan dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia,” katanya.

Sebelumnya,  Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin mengatakan, Kemenag RI akan melakukan sidang isbat 1 Syawal pada 11 Mei 2021. Kemenag menjadwalkan akan melakukan rukyatul hilal pada 88 titik di seluruh Indonesia.

“Isbat awal Syawal digelar 11 Mei 2021 atau 29 Ramadan 1442 H secara daring dan luring,”  kata Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin, di Jakarta, Rabu 5 Mei 2021.[*]
Share:
Komentar

Berita Terkini