Kemenag Aceh Launching 19 Madrasah Unggul

Editor: Syarkawi author photo



Banda Aceh —Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh meluncurkan 19 madrasah unggul di Provinsi Aceh, Kamis, 1 Juli 2021. Kegiatan ini berlangsung di aula Hotel Permata Hati, Aceh Besar dan turut dihadiri 87 kepala madrasah di Aceh.

Launching tersebut ditandai dengan penyerahan papan nama kepada 12 madrasah penyelenggara riset, 4 madrasah plus keterampilan dan 3 madrasah program unggulan keagamaan. Papan nama diserahkan Kakanwil Kemenag Aceh Dr H Iqbal SAg MAg kepada kepala madrasah unggul.

Selain itu, Kanwil Kemenag Aceh juga menyerahkan SK Ditjen Pendis Kementerian Agama kepada MAN Insan Cendikia Aceh Timur dan MAN 1 Banda Aceh.

Usai launching madrasah unggul, dilanjutkan dengan kegiatan penyusunan petunjuk teknis madrasah inovasi.

Iqbal di sela-sela peresmian madrasah tersebut mengatakan, program madrasah unggul  merupakan ikhtiar Kementerian Agama dalam mewujudkan madrasah hebat, bermartabat dan go internasional.

“Inilah kepercayaan dari pemerintah kita diberikan program secara khusus. Mungkin itu tidak mungkin bisa kita laksanakan jika kita tidak menyikapinya dengan baik apalagi tidak berinovasi,” ujar Iqbal.

Ia berharap madrasah unggul  mampu menghadirkan pendidikan yang berkualitas dan melahirkan siswa yang memiliki daya saing serta mampu mengukir prestasi di level nasional maupun internasional.

“Mari kita bersemangat mewujudkan cita-cita besar ini sehingga slogan kita mewujudkan madrasah hebat, bermartabat dan go internasional benar terjadi dan dilihat masyarakat,” katanya.

Kementerian Agama, kata Iqbal, akan terus mendukung setiap program  yang dicanangkan  madrasah unggul.

“Kementerian Agama akan memfasilitasi untuk mendukung program ini termasuk di Kanwil kita memfasilitasi termasuk anggaran yang dialokasikan untuk madrasah unggul,” katanya.

Di samping itu, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Aceh Drs H Mukhlis MPd menyampaikan, kegiatan ini diharapkan mampu memberikan bekal bagi madrasah unggul dalam menyusun petunjuk teknis madrasah unggul dalam melahirkan program yang strategis.

Ia berharap para kepala madrasah yang hadir dapat saling berbagi pengalaman dan masukan guna melahirkan program unggulan di madrasah.

“Sehingga harapan kita madrasah inovasi itu mampu melakukan inovasi dalam pembelajaran, inovasi dalam bidang sarana dan prasarana, inovasi manajemen madrasah, inovasi tata kelola, inovasi pengajaran madrasah. Sehingga harapan besar dari kita madrasah inovasi dan unggul mampu  melahirkan output mampu bersaing memiliki prestasi di tingkat Aceh, nasional dan internasional,” ujarnya.

Sementara Ketua Panitia Mariani MPd menyebutkan kegiatan ini untuk memberikan stimulus kepada para Kamad mengembangkan keahlian dan terus berinovatif mewujudkan visi-misi madrasah dan menciptakan generasi siap berkarya.[*]
Share:
Komentar

Berita Terkini