Kabid Humas Polda Aceh Ajak Pecinta Seni Lukis Ikuti Bhayangkara Mural Festival 2021

Editor: Syarkawi author photo

 

 

Banda Aceh – Kepolisian Daerah (Polda Aceh) Aceh mengajak seluruh pecinta seni lukis yang ada di tanah Serambi Mekkah untuk mengikuti Bhayangkara Mural Festival 2021, yang akan dilaksanakan oleh Divisi Humas Polri pada 30 Oktober sampai dengan 1 November 2021 mendatang.

“Proses pendaftaran sudah dimulai dari tanggal 27 September sampai dengan 17 Oktober 2021 mendatang. Yang belum, bisa langsung mendaftar melalui website: www.tribratanews.polri.go.id,” sebut Kabid Humas Kombes Pol. Winardy, S.H., S.I.K., M.Si., dalam keterangan persnya, Senin (4/10/2021) di Mapolda Aceh.

Winardy menyampaikan, tujuan diselenggarakan festival ini adalah untuk memberi ruang kepada seniman mural untuk dapat menyalurkan bakat dan seni kreasinya melalui kontes resmi yang diadakan oleh Polri.

“Selama ini para seniman mural mengaplikasikan kreasinya secara diam-diam dan terkadang illegal. Maka sekarang Polri melalui Divisi Humas Polri memfasilitasi dan memberikan ruang bagi para seniman mural untuk mengekspresikan kemampuan bakat dan seninya dalam kontes resmi,” ungkap Winardy.

Adapun tema yang diusung dalam festival mural tersebut adalah “Peran Generasi Muda Untuk Berkreasi Dalam Menyampaikan Informasi yang Positif di Masa Pandemi Covid-19” yang diuraikan ke dalam sub tema sebagai berikut;
1. Peduli Sesama di Masa Pandemi Covid-19.
2. Bersama Menjalankan Prokes.
3. Indonesia Sehat dan Kuat.
4. Bebas dari Covid-19.
5. Bersama menjaga Indonesia.

Kemudian, syarat atau konsep desain mural bagi calon peserta adalah:
1. Konsep mural dalam format Pdf maksimal 2.500 megapixel
2. Rasio media 2,44 m x 3.66 m
3. Kategori perorangan dan kelompok (Maksimal 2 orang, yaitu ketua dan anggota).
4. Narasi/ penjelasan konsep karya dibuat dalam format Word.
5. Pengumpulan sebelum batas waktu, yaitu tanggal 17 Oktober 2021.
6. Karya yang diikutsertakan ke panitia jadi hak milik penyelenggara.

Nantinya, lanjut Winardy, masing-masing Polda akan mengirimkan lima design kreasi mural dari peserta kepada Divisi Humas Polri. Kemudian dilakukan kurasi oleh Mabes Polri untuk dipilih satu peserta terbaik yang dilombakan di tingkat nasional.

“Di tingkat nasional nanti, Polri telah siapkan hadiah dengan total 50 juta rupiah untuk 5 orang pemenang. Jadi, silakan mendaftar,” imbuh Winardy.

Ia juga berharap, kepada seluruh masyarakat khususnya pecinta seni lukis yang ada di wilayah hukum Polda Aceh untuk berpartisipasi dalam festival mural ini. Karena, animo dan kuota peserta tahun ini dapat membuka peluang diadakannya festival mural tahunan oleh pemerintah daerah.

“Semoga ke depan, Pemerintah Daerah juga dapat memfasilitasi dan memberikan ruang bagi seniman kreasi mural untuk dapat menyalurkan bakat dan seninya,” tandasnya.

Daftar melalui: www.tribratanews.polri.go.id.
Narahubung:
1. Brigadir Jabbar: 085370321921
2. Bripda Abdi: 08116808098

Share:
Komentar

Berita Terkini