ISBI Aceh PKM di Sekolah Luar Biasa Negeri Jantho Perkenalkan Seni

Editor: Syarkawi author photo

 

Kota Jantho | ISBI Aceh kembali melaksanakan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), kegiatan Ini dilaksanakan pada bulan Juli hingga November 2021, di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Kota Jantho dengan judul Pembelajaran Tari Kreasi Melalui Media Audio Visual Di Sekolah Luar Biasa Negeri Kota Jantho.

PKM ini merupakan kolaborasi antara Dosen Prodi Seni Tari dan Dosen Prodi Teater serta melibatkan mahasiswa ISBI Aceh.

Foto: Humas ISBI Aceh

Nadra Akbar Manalu sebagai Ketua pada Pengabdian ini mengatakan, hasil inovasi pembelajaran berbasis digital dalam bentuk media audio visual ini dapat diakses oleh ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) disetiap kesempatan baik itu disekolah dan dirumah secara mandiri.

Harapannya kegiatan ini dapat menjadi tolak ukur dan motivasi guru seni budaya di sekolah khususnya sekolah luar biasa (SLB) untuk dapat mengembangkan model pembelajaran dengan inovasi sesuai perkembangan zaman dan teknologi, sehingga dapat mendorong minat belajar dan kemampuan siswa.

Proses pembelajaran seni khususnya seni tari saat ini masih menggunakan metode pembelajaran secara konvensional. Metode tersebut memiliki kelemahan karena siswa menerima informasi secara pasif dimana siswa menerima pengetahuan dari guru yang diasumsikan sebagai bahan informasi, pembelajaran konvensional sangat abstrak dan teoritis, prilaku dibangun atas kebiasaan dan motivasi ekstrinsik serta guru sering bertindak memperhatikan proses kelompok belajar.

Proses pembelajaran ini baik bagi tenaga pengajar maupun Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) sering merasa bosan, tidak fokus, slow respon, dan kurang menarik perhatian ABK.

Hal ini yang mendasari proses pembelajaran konvensional di transformasi kedalam bentuk digital. Tim PKM ISBI Aceh bekerjasama dengan SLB Negeri Kota Jantho bersepakat membuat sebuah inovasi baru dalam proses pembelajaran dengan menggunakan media berbasis teknologi yang dapat membantu proses pembelajaran agar berjalan secara efektif dan efisien.

Foto: Humas ISBI Aceh

Kepala Sekolah Luar Biasa Negeri Kota Janto Nilawati, S.Pd sangat mengapresiasi kegiatan PKM ISBI Aceh, menurut beliau proses pembelajaran berbasis digital ini nantinya dapat meningkatkan minat belajar ABK di SLB Negeri Kota Jantho.

Hasil akhir dari proses kegiatan ini para siswi di SLB Negeri Kota Jantho mampu menampilkan pertunjukan tari Ratoh Jaroe dalam kegiatan Maulid Nabi yang diadakan oleh masyarakat Gampong Jantho Makmur beberapa waktu lalu.[*]

Share:
Komentar

Berita Terkini