“Vaksin Anak Usia 6 Tahun Perdana di Aceh Barat

Editor: Syarkawi author photo

 

Meulaboh — Program vaksinasi untuk anak usia 6 sampai 11 tahun sudah mulai dilaksanakan di kabupaten Aceh Barat, Pelaksanaan vaksinasi ini merupakan tindak lanjut dari  keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia nomor 01.07/Kemenkes/6688/2021 tentang pelaksanaan imunisasi Covid 19 bagi anak dengan rentang usia 6 sampai 11 tahun.

“Saya bangga melihat antusiasme para pelajar dalam mengikuti program vaksinasi Ini. Memang mereka masih tergolong anak-anak, namun keberanian mereka patut kita apresiasi”.

Hal tersebut disampaikan Bupati Aceh Barat H. Ramli MS saat melaunching pelaksanaan vaksinasi covid 19 bagi anak usia 6-11 tahun di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 8 Aceh Barat Desa drien rampak Kecamatan Johan Pahlawan pada Kamis (20-01-2022).

Untuk menyukseskan vaksinasi tersebut, Ramli MS meminta kepada para kepala sekolah dan guru agar senantiasa memberikan edukasi serta motivasi kepada murid dan wali murid tentang pentingnya vaksinasi Covid 19 di tengah pandemi saat ini.

“Vaksin ini tidak hanya diperuntukan untuk orang dewasa saja, namun anak juga perlu untuk divaksin guna meningkatkan imunitas anak selama pandemi ini” tutur Ramli MS.

Ia meyakinkan bahwa vaksin itu sehat, halal, dan aman untuk anak-anak karena telah melalui berbagai uji klinis yang dilakukan oleh para ahli. Oleh sebab itu, kata dia, jangan ada lagi kekhawatiran yang berlebih dari orangtua sebab vaksin ini sudah teruji dengan baik ujarnya.

Menurutnya, ditengah pandemi covid 19 ini, Pemerintah terus berupaya untuk memberikan jaminan kesehatan dan keselamatan kepada rakyatnya, salah satunya adalah dengan program vaksinasi serta penerapan protokol kesehatan secara ketat guna memutus mata rantai penyebaran virus yang sangat mematikan tersebut paparnya.

Untuk itu, ia meminta kepada seluruh masyarakat agar segera melaksanakan vaksinasi untuk menghindari diri dan keluarganya dari paparan Virus Covid 19. Virus ini harus dihadapi dengan imunitas tubuh yang kuat, salah satunya melalui vaksin ucapnya.

Selain itu, Ia juga mengingatkan kepada masyarakat agar berhati-hati dalam menerima setiap informasi terkait vaksin covid 19 disebabkan saat ini banyak beredar berita-berita bohong yang provokatif dan menyudutkan Pemerintah pintanya.

“Dapatkanlah informasi vaksin covid 19 dari sumber yang terpercaya, seperti dokter dan tenaga kesehatan yang notabene mempunyai kapasitas dalam menjelaskan tentang manfaat vaksin dalam menangkal virus Covid 19” pungkasnya

Sementara itu, Kepala dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat, Syarifah Junaidah., SKM., M.Si., menuturkan sasaran vaksinasi bagi anak usia 6 sampai 11 tahun tersebut mencapai 20.547 jiwa yang tersebar di seluruh Kabupaten Aceh Barat.

“Pelaksanaan vaksin terhadap anak ini, tetap dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku” imbuh Syarifah.

Disamping itu, kata dia, pihaknya juga terus melakukan sosialisasi kepada wali murid dan wali kelas tentang pentingnya vaksin bagi anak untuk meningkatkan kekebalan tubuh di tengah pandemi ini.

Ia berharap dengan adanya pemahaman yang benar, tidak ada lagi masyarakat yang takut untuk divaksin sehingga target herd Immunity (kekebalan kelompok) di Kabupaten Aceh Barat bisa segera tercapai sesuai dengan arahan Bupati Aceh Barat pungkasnya”[*]

Share:
Komentar

Berita Terkini