“Aceh Kembali Raih Anugerah Simpul Jaringan Terbaik Nasional 2022

Editor: Syarkawi author photo

 

Riau – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh (DPKA) kembali meraih Anugerah Simpul Jaringan Terbaik Nasional 2022 dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dengan nilai predikat “Terbaik”.

Anugerah tersebut diterima langsung oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh, Dr. Edi Yandra, STP, MSP, dalam acara Puncak Seremonial Peringatan Hari Kearsipan ke 51 Tahun 2022, di di Ballroom Hotel Pangeran Riau.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh, Dr. Edi Yandra, STP, MSP, menerima penghargaan yang diserahkan langsung oleh Kepala ANRI Imam Gunarto.

Dr. Edi Yandra, STP, MSP mengatakan Anugrah Simpul Jaringan Terbaik 2020 diberikan pada Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah, Perguruan Tinggi, dan BUMN.

“Dan alhamdulillah Aceh meriah Simpul Jaringan Terbaik tahun 2022 bersama dengan 4 Provinsi lainnya, ini prestasi yang membanggakan,” ujarnya.

Penilaiannya dilakukan melalui beberapa tahapan simpul nasional terbaik, dengan penilaian portofolio, prestasi, persentasi dan wawancara, validasi, serta kunjungan lapangan.

Dalam penilaian itu, panitia penyelenggara menyeleksi 307 peserta Jaringan Simpul Nasional (JSN). Kemudian dipilih menjadi 28 terbaik, lalu menjadi 10, dan terakhir menjadi 5 terbaik nasional untuk tahun 2022.

Dr. Edi Yandra, STP, MSP mengatakan pencapaian prestasi Simpul Jaringan Terbaik 2022 didapat dari komitmen pemerintah daerah masing-masing provinsi dan kabupaten/kota dalam mengelola kearsipan di daerahnya.

Apalagi di era Revolusi Industri 4.0 ini, masyarakat membutuhkan informasi yang didapat secara mudah dan cepat sehingga SIKM dan JIKN bergerak secara dinamis mengikuti perkembangan masyarakat.

Menurutnya, JIKN ini suatu portal yang dibangun pemerintah, diamanatkan oleh undang-undang agar semua kementerian dan lembaga di daerah bisa meng-upload arsipnya di dalam portal tersebut.

Dengan demikian, lanjutnya, arsip bisa terintegrasi satu sama lain dan dipersembahkan secara maksimal kepada masyarakat.

“Tahun lalu kita juga memperoleh anugerah terbaik, kedepannya kita akan meningkatkan jumlah kolehsi arsip yang di upload ke IJKN, sebagai jaringan simpul kearsipan nasional,”

Sementara itu Kepala ANRI, Imam Gunarto menjelaskan pemberian anugerah Penghargaan Simpul Jaringan Terbaik Nasional ini penting dalam upaya peningkatan pengelolaan SIKN dan JIKN sebagai upaya pembinaan terhadap Simpul Jaringan.

“Sesuai amanat Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan, Arsip Nasional Republik Indonesia mempunyai tangggung jawab untuk membangun Sistem Informasi Kearsipan Nasional (SIKN) dan membentuk Janngan informasi Kearsapan Nasional (JIKN),” ujarnya.”

Arpus.acehprov

Share:
Komentar

Berita Terkini