Brimob Bentuk 3 Pasukan di Aceh-Papua, 36 Ribu Personel Dikerahkan

Editor: Syarkawi author photo

 

Jakarta – Brimob Polri bakal membentuk tiga pasukan Brimob, yakni Pasukan Brimob 1, 2, dan 3. Ketiga pasukan tersebut tersebar di wilayah Aceh hingga Mimika, Papua, dengan total 36 ribu personel.

“Masing-masing PASBM (Pasukan Brimob) ada empat resimen. Pemenuhan personel bertahap sampai dengan 2045,” kata Kabagren Korps Brimob Polri Kombes Rudy Harianto kepada wartawan, Senin (13/6/2022).

Diketahui, satu resimen biasanya diisi sekitar 3.000 personel. Pasukan ini dipimpin oleh perwira berpangkat Brigjen atau bintang satu. Rudy mereka bertugas dalam mengemban tugas pembinaan dan pengerahan kekuatan dalam memberikan bantuan taktis operasional ke wilayah masing-masing.

Rudy menjelaskan bahwa Pas Brimob 1 nantinya akan ditempatkan di bagian Barat Indonesia, tepatnya di Langsa, Aceh Timur. Wilayah yang dicakup ialah di wilayah Pulau Sumatera.

Kemudian, Pas Brimob 2 akan bertugas di wilayah bagian tengah dan bertempat di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Penugasan mencakup wilayah Nusa Tenggara, Kalimantan, dan Sulawesi.

Lalu, Pas Brimob 3 akan bertugas di wilayah Timur dan bertempat di Distrik Mimika, Papua. Pasukan ini akan mencakup wilayah Maluku dan Papua.

“Sebagai pejabat pelaksana utama yang berada di bawah Dankorbrimob Polri, memiliki tugas koordinasi dan kerja sama dengan satuan kewilayahan kepolisian daerah dan instansi terkait, dalam rangka meningkatkan kinerja organisasi untuk keberhasilan tugas,” ujarnya.

Selanjutnya, Rudy mengatakan Danpas Brimob berperan dalam memimpin, membina, mengawasi, dan mengendalikan seluruh jajaran Pasbrimob di wilayah. Danpas Brimob nantinya akan memberikan saran dan pertimbangan pengerahan pasukan dengan langsung bertanggung jawab kepada Dankorbrimob Polri.[]

Share:
Komentar

Berita Terkini