Asosiasi Guru Penulis Aceh Besar Launching Buku dan Aplikasi “AGP Aceh 2022” di Playstore

Editor: Syarkawi author photo

 

Aceh BesarAsosiasi Guru Penulis (AGP) Aceh Besar meluncurkan 3 judul buku karya guru yang ditulis oleh 35 orang guru diantaranya “Buku Kompilasi Puisi Pendidik Aceh Besar, Buku Kumpulan Cerpen, dan Buku nonfiksi berjudul Kemilau Pendidikan di Ujung Negeri” serta aplikasi “AGP Aceh 2022” di Playstore, Sabtu (17/9/20220 di gedung PGRI Aceh Besar, Bada Ingin Jaya Aceh Besar.

Plt Kadisdikbud Aceh Besar, Agus Jumaidi MPd yang juga selaku pembina AGP Aceh Besar dalam sambutannya mengatakan Pemerintah Aceh Besar melalui Disdikbud mengapresiasi atas peluncuran 3 buku dan aplikasi AGP Aceh 2022 di playstore.

“Ini merupakan kerja inovatif, kerja cerdas, dan kerja kreatif para guru yang tergabung dalam Asosiasi Guru Penulis Aceh Besar, “katanya.

Agus Jumaidi mengajak dan mendorong guru-guru dari jenjang TK/PAUD, SD, dan SMP semua tanpa terkecuali untuk menggunakan platform yang ada di playstore tersebut.

“Budaya menulis itu penting dan jadikanlah Aceh Besar menjadi Kabupaten berliterasi dengan semakin banyaknya guru-guru yang menulis, “ajaknya.

Dengan demikian, tambah Agus Jumaidi akan melahirkan juga siswa-siswa yang menulis di kemudian hari, karena mereka akan mengikuti apa yang bapak ibu guru lakukan.

“Intinya memberikan keteladan dan menyebar virus menulis kepada para siswa, “pungkas Agus Jumaidi.

Sementara itu Ketua Asosiasi Guru Penulis Aceh Besar, Jonny Rudiyanto memaparkan beberapa fitur yang ada di aplikasi android yang dirilis.

“Masyarakat atau kalangan pendidik terutama, dapat membaca berbagai artikel bermanfaat di sana, selain itu aplikasi ini dilengkapi fitur kirim artikel, jadi para pendidik dan siswa dapat mengirimkan karyanya melalui fitur tersebut dan nantinya akan dipublis di aplikasi tersebut sehingga bisa dengan mudah diakses dan dinikmati manfaatnya oleh para pengguna aplikasi, “terang Joni.

“Aplikasi ini diharapkan menjawab tuntutan abad 21 yang serba berbasis digital dan hampir semua kalangan memiliki gawai sehingga diharapkan akan sangat membantu perkembangan literasi di Aceh Besar, “tambahnya.

Dalam kesempatan itu juga diadakan kegiatan pelatihan membuat website keren dengan memanfaatkan fitur akun belajar.id yaitu google sites. Peserta berhasil membuat website keren sederhana dalam akunnya masing-masing. Tampak mereka menulis beberapa naskah dan foto sebagai bukti berhasil membuat website dengan google sites.

“Mereka akan terus mengembangkannya dengan memanfaatkan video tutorial yang diberikan pengurus Asosiasi Guru Penulis Aceh Besar dan mereka mengaku sangat merasakan manfaat kegiatan ini.

Peserta yang hadir menyambut hangat program Asosiasi Guru Penulis Aceh Besar dan tampak terjadi diskusi hangat antara peserta dengan pengurus Asosiasi Guru Penulis Aceh Besar tentang tindak lanjut kegiatan ke depan serta para peserta yang hadir berkomitmen akan mengirimkan naskahnya melalui fitur kirim naskah.

“Selain itu, peserta berharap ke depan akan diadakan kegiatan nulis buku bareng lagi, tak hanya itu, beberapa peserta berharap dibantu untuk cetak karya buku mereka secara solo penulis, “tutupnya.

Dalam acara peluncuran buku dan aplikasi AGP Tahun 2022 juga diberikan piagam penghargaan kepada para penulis dan turut dihadiri akademisi dan stakeholder pendidikan.[*]

Share:
Komentar

Berita Terkini