Aksi ‘Satu Jam Memungut Sampah’ di Objek Wisata Aceh Besar Terus Berlanjut

Editor: Syarkawi author photo

 

KOTA JANTHO – Aksi ‘satu jam memungut sampah’ di lokasi objek wisata dalam wilayah Aceh Besar terus berlanjut. Pada pekan ke-3 pelaksanaan kali ini, langsung dipimpin oleh Penjabat (Pj) Bupati Muhammad Iswanto di lokasi objek wisata Pantai Lampuuk, Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar, Sabtu (22/10/2022) tadi pagi.

Seperti biasa, kegiatan itu berlangsung antara pukul 09.00 s/d 10.00 WIB, yang diikuti oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) secara bergilir, atau rata rata delapan OPD setiap pekan pelaksanaan. Serta juga diramaikan oleh masyarakat pelaku atau pengelola objek Wisata Lampuuk dan sekitarnya.

Lintas OPD Aceh Besar yang terlibat antara lain, Setdakab, Budparpora, RSUD, Baitul Mal, Dishub dan Dinsos. Juga tampak hadir personil, Polsek, Koramil dan Setcam Lhoknga, serta prajurit Yonkav. “Alhamdulillah semua masih komit untuk mewujudkan objek wisata yang bersih, indah dan nyaman di Aceh Besar. Terimakasih untuk konsistensi dari komitment itu,” tutur Iswanto, sejenak usai memimpin apel pengarahan peserta sebelum aksi dimulai.

Pj Bupati Iswanto kembali mengingatkan, aksi bersih dan nyaman di lokasi wisata itu nantinya akan menjadi budaya dan para pelaku wisata merasa wajib untuk menciptakan kebersihan di lokasi wisata, hingga trend pengunjung juga akan semakin meningkat. “Insya Allah kita yakin aksi ini nantinya akan menjadi kebiasaan dan kewajiban bagi pelaku dan pengunjung wisata. Dengan trend positif seperti ini akan membuat ekonomi pelaku wisata semakin menggeliat,” tutur Pj Bupati Aceh Besar itu.

Dok, MC

Di bagian lain, Iswanto menambahkan, meski baru pelaksanaan pekan ke-3, tapi semua kalangan bisa melihat terjadi peningkatan kebersihan di Lampuuk.

“Kita bisa lihat terjadinya peningkatan kebersihan di sini, untuk itu gerakan ‘satu jam memungut sampah’ ini akan terus kita gelindingkan menuju semua lokasi objek wisata di Aceh Besar, baik di garis pantai maupun wisata alam. Insya Allah nantinya rakyat Aceh Besar yang bergelut dengan parawisata akan merasakan kemudahan dan dampak positif lain dari sektor pariwisata, seperti  untuk memperkuat ekonomi masyarakat Aceh Besar,” tutur Iswanto.

Pada penghujung pernyataan itu, Pj Bupzti Aceh Besar itu kembali menyatakan rasa optimisnya, bahwa Kemen Parekraf RI akan menempatkan satu kalender event wisata nasional di Aceh Besar.

“Saya optimis, jika semua pelaku wisata dan stake holder terkait komit untuk membenahi sektor wisata di Aceh Besar, maka harapan untuk terwujudnya event wisata nasional di Aceh Besar bukanlah sekadar harapan, namun akan terwujud. Optimislah untuk itu,” pungkas Iswanto.”[adv]

Share:
Komentar

Berita Terkini