Pj Bupati Hadiri Pembukaan TTG Nusantara Ke XXIV di Bandar Lampung

Editor: Syarkawi author photo

 


Bandar Lampung  - Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) bertujuan untuk membangun inovasi dan kreatifitas masyarakat menciptakan teknologi pemanfaatan sumber daya alam masing-masing daerah. Gelar TTG menjadi penting karena kemampuan teknologi yang terbatas dikehidupan masyarakat, tujuannya jelas dalam kemudahan guna meningkatkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat.

Hal tersebut dikatakan Pj. Bupati Aceh Tengah, Ir. T. Mirzuan, MT, saat menghadiri pembukaan event nasional tahunan Teknologi Tepat Guna (TTG) Nusantara ke XXIV Tahun 2023 yang diselenggarakan di Bandar Lampung. Rabu (7/6/2023).

“Event Nasional Gelar TTG merupakan ajang promosi hasil TTG dan pertukaran informasi terkait pengembangan serta pemanfaatan TTG dalam penunjang ekonomi masyarakat,  karya cipta hasil inovasi TTG dirancang oleh dan untuk masyarakat merupakan perpaduan kreativitas yang menggabungkan  aspek lingkungan, sosial budaya dan ekonomi masyarakat serta kearifan lokal, kreativitas seperti inilah yang perlu ditampilkan dalam gelar teknologi tepat guna, bukan sekedar untuk meraih gelar juara, tapi lebih untuk memberikan contoh dan motivasi bagi masyarakat”, ujar Mirzuan..

Lebih lanjut T. Mirzuan menyampaikan, teknologi tepat guna memiliki peran penting dalam efesiensi dan efektivitas kehidupan bermasyarakat sehingga mampu meningkatkan nilai ekonomi masyarakat dari level desa hingga nasional.

“Teknologi semacam ini, siapa saja dapat menciptakan dan mengembangkannya, dengan biaya murah dan skala produksi tidak terlalu besar, akan tetapi sangat bermanfaat untuk kita semua”,lanjutnya.

Untuk itu jelas Pj. Bupati, pengembangan teknologi tepat guna bagi masyarakat perdesaan merupakan suatu jawaban yang tepat, sebagai salah satu hal penting sebagai upaya  memberdayakan masyarakat, meningkatakan perekonomian dan mengentaskan kemiskinan.

“Kita akan terus intens dan komit membina desa desa yang mempuyai potensi untuk dikembangkan, serta menggaungkan TTG bagi masyarakat pedesaan dan menggali potensi SDM kreatif dan inovatif di semua desa di kabupaten Aceh Tengah”, pungkasnya.

Gelaran TTG Nasional XXIV tahun 2023 ini, dipusatkan di Pusat Kegiatan Olah Raga (PKOR) Way Halim Bandar Lampung mulai dari tanggal 6 hingga 10 juni 2023. Selain dihadiri delegasi dari setiap provinsi dan kabupaten/kota seluruh Indonesia, acara tersebut juga diikuti ribuan inovator perwakilan dari sejumlah provinsi di Indonesia.

Dalam event tahunan nasional itu juga digelar pameran UMKM, lokakarya, widyawisata dan Rakornas yang bertujuan untuk menentukan dimana Gelar TTG Nusantara tahun berikutnya akan dilangsungkan.[]

Share:
Komentar

Berita Terkini