Ragam Pakaian Adat Warnai Upacara Hari Lahir Pancasila di Kanwil Kemenkumham Aceh

Editor: Syarkawi author photo


IMG 20230601 WA0012

Banda Aceh - Upacara Peringatan Hari Kelahiran Pancasila di Kantor Wilayah Kemenkumham Aceh, Kamis (1/6/2023) pagi ini dihiasi berbagai macam pakaian adat.

Berbagai macam pakaian adat nusantara dikenakan oleh peserta upacara yang terdiri dari pimpinan tinggi pratama, pejabat struktural, dan sejumlah pegawai lainnya.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Plh. Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Aceh Rakhmat Renaldy menyampaikan, dari berbagai krisis yang melanda dunia, Indonesia termasuk satu dari sangat sedikit negara yang berhasil menanganinya. 


"Semua ini adalah anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa, hasil sumbangsih seluruh anak bangsa. Karena berkat persatuan kesatuan kita, bangsa ini tangguh hadapi tantangan mampu lakukan terobosan. Berkat kerja keras gotong royong kita, bangsa ini berhasil semakin dipercaya disegani masyarakat dunia," ungkapnya.

Ia melanjutkan, pondasi dari semua itu adalah ideologi Pancasila. Yang diwariskan oleh founding fathers Presiden pertama Republik Indonesia, Ir.Soekarno. Ideologi ini yang menjadi jangkar dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. 

"Yang harus terus kita pegang teguh untuk memperkokoh kemajuan bangsa," tuturnya

Toleransi, persatuan dan gotong royong adalah kunci membangun bangsa yang kokoh dan menciptakan dunia yang damai.

"Oleh karena itu, saya mengajak kita semua untuk bergerak bersama, menolak ekstrimisme, menolak politisasi identitas dan agama, serta menolak segala bentuk provokasi. Mari kita sambut pesta demokrasi dengan kedewasaan dan suka cita dengan memegang teguh Pancasila," ujarnya.

"Mari kita perjuangkan visi Indonesia 2045 menjadi Indonesia Maju, naik kelas dari negara berkembang menjadi negara maju, yang adil, sejahtera dan merata, serta berwibawa dalam percaturan pergaulan dunia," tutup Rakhmat.[]

Share:
Komentar

Berita Terkini