Implementasi Program 100.000 Posko Pangan, Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah Menstransformasi Warung Ibu Jingga Yang Menjadi Posko Pangan

Editor: Syarkawi author photo

 


Takengon  - Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah meresmikan Warung Ibu Jingga yang telah ditransformasikan menjadi posko pangan. Peresmian ini berlangsung di Jalan Paya Ilang Kampung Kebet, Kecamatan Bebesen pada Jumat, 8 September 2023. Penjabat Bupati Aceh Tengah T. Mirzuan, MT, yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan, Ekonomi, dan Keuangan M. Thamrin Elashri Mohd. Ali, SE, M.A.P. Meresmikan acara ini.

Peresmian ini merupakan langkah konkret dalam rangka implementasi program 100.000 Posko Pangan, yang merupakan kerjasama antara Induk Koperasi Wanita Pengusaha Indonesia (INKOWAPI), Sahabat Usaha Rakyat (SAHARA), Kadin Indonesia, dan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Dalam sambutan yang tertulis, Penjabat Bupati Aceh Tengah menyatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah memberikan apresiasi yang tinggi terhadap peresmian Warung Ibu Jingga yang kini bertransformasi menjadi posko pangan. Program 100.000 Posko Pangan sangat didukung oleh pemerintah daerah, dengan harapan bahwa posko pangan ini dapat memberikan kesejahteraan bagi pemilik warung dan memudahkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan dengan harga yang terjangkau.

Thamrin Elashri Mohd. Ali, SE, M.A.P, yang mewakili Penjabat Bupati, menambahkan bahwa walaupun program ini berasal dari pemerintah pusat, pihak daerah berharap agar program ini dapat dikembangkan dan dimanfaatkan secara langsung oleh masyarakat. Posko Pangan ini menjual berbagai paket sembako dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan harga pasaran, dan hal ini diharapkan akan menjadi solusi bagi masyarakat dengan penghasilan menengah ke bawah.

“selain itu juga, posko pangan ini dapat membantu mengendalikan inflasi maupun kelangkaan bahan pokok, dan memudahkan menjangkau bahan pokok di Kabupaten Aceh Tengah, sehingga dengan hadirnya posko pangan ini, diharapkan dapat menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan, serta mengendalikan inflasi dan pengerasan kemiskinan,” tambahnya.

Juliani, Koordinator program Posko Pangan, menjelaskan bahwa peresmian Posko Pangan ini merupakan bagian dari peresmian serentak 100.000 Posko Pangan di seluruh Indonesia, dengan peresmian secara seremonial di Warung Ibu Jingga di Kabupaten Aceh Tengah.

Posko Pangan memiliki tujuan yang penting, salah satunya adalah menangani angka kemiskinan. Saat ini, Kabupaten Aceh Tengah telah memiliki dua Posko Pangan dan telah melakukan rekrutmen di 5 Kecamatan, yaitu Lut Tawar, Pegasing, Bebesen, Bies, dan Kebayakan. Ke depannya, diharapkan Posko Pangan akan tersebar di setiap Kecamatan di Aceh Tengah untuk memberikan manfaat yang lebih luas kepada masyarakat.[]

Share:
Komentar

Berita Terkini