Jumat Bersih: Babinsa Mutiara Timur dan Masyarakat Gotong Royong Bersihkan Parit dan Semak Belukar

Editor: Syarkawi author photo


Pidie- Dalam semangat kebersamaan, Serda Muhibbun, Babinsa Koramil 24/Mutiara Timur Kodim 0102/Pidie, bersama masyarakat turun langsung untuk melaksanakan gotong royong pembersihan parit dan samak belukar bertempat di Desa Didoh kecamatan Mutiara Timur kabupaten Pidie. Jumat (17/11/2023).

Kegiatan ini dilaksanakan oleh masyarakat dan Babinsa di sepanjang parit jalan Desa Didoh sebagai bagian dari inisiatif rutin masyarakat setempat yang dikenal dengan “Jumat Bersih.”

Masyarakat Desa Didoh menjadikan “Jumat Bersih” sebagai tradisi akhir pekan, fokus membersihkan fasilitas umum seperti tempat ibadah, jalan, lorong, termasuk sejumlah parit dan selokan yang ada.

Serda Muhibbun (Babinsa) menyampaikan bahwa “sasaran gotong royong kali ini adalah membersihkan parit dan semak belukar. Hal ini diambil sebagai langkah preventif menghadapi musim hujan, memastikan kelancaran aliran air untuk mencegah potensi banjir” Ucapnya

Dalam kegiatan tersebut, terlihat antusiasme tinggi dari masyarakat setempat yang bersemangat dan bekerja sama dengan penuh kepedulian terhadap kebersihan lingkungan.

Pembersihan parit dan semak belukar menjadi fokus utama, mengingat beberapa titik saluran air telah tersumbat oleh rumput dan sampah, menghambat kelancaran aliran air hujan.

Babinsa menambahkah, kegiatan ini tidak hanya sebagai upaya menjaga lingkungan, gotong royong ini juga menjadi sarana efektif untuk mempererat hubungan antara Babinsa dan masyarakat. Dalam konteks ini, kegiatan ini bukan hanya sekadar pembersihan fisik, tetapi juga menjadi momen untuk membangun kerjasama dan silaturahmi yang kuat.

Dalam komentarnya, zulkifli selaku tokoh pemuda Desa Didoh juga menekankan, pentingnya kegiatan ini dalam memupuk jiwa kebersamaan yang positif serta untuk melestarikan budaya gotong royong di tengah masyarakat.

“Gotong royong bukan hanya sekadar kewajiban bersama, tetapi juga merupakan bentuk kontribusi nyata untuk menciptakan lingkungan yang bersih, sehat, dan nyaman bagi seluruh warga Desa Didoh” Ungka Ketua Pemuda.[]

Share:
Komentar

Berita Terkini