Kabupaten Simeulue memukau mata dengan perahu berhiaskan bentuk lobster di Pekan Kebudayaan Aceh

Editor: Syarkawi author photo

 Penjabat Gubernur Aceh, Achmad Marzuki ikut memeriahkan lomba perahu hias dengan sigap ikut naik ke atas perahu bersama puluhan masyarakat di Krueng Aceh Peunayong Banda Aceh, Minggu (05/11/2023).

Lomba perahu-perahu berhias Simeulue bentuk lobster, dalam pagelaran Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-8, di Krueng Aceh Peunayong Banda Aceh, Minggu (05/11/2023)

Banda Aceh - Penjabat Gubernur Aceh, Achmad Marzuki ikut memeriahkan lomba perahu hias yang digelar dalam rangka Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-8, di Krueng Aceh Peunayong Banda Aceh, Minggu (05/11/2023). Bukan menonton dari tepian, mantan Pangdam IM itu dengan sigap ikut naik ke atas perahu bersama puluhan masyarakat.

Kabupaten Simeulue memukau mata dengan perahu-perahu berhiaskan bentuk lobster, sementara sejumlah kapal lainnya dihiasi dengan beragam rempah-rempah sesuai tema PKA ke-8. Lomba perahu hias ini diikuti oleh seluruh kabupaten/kota, di mana para peserta menghias kapal dengan variasi warna yang mencerminkan kekayaan budaya dan tradisi daerah masing-masing.

Pada PKA kali ini, Pemerintah Aceh memilih tema ‘Jalur Rempah Aceh’ pada PKA VIII ini, dengan tagline ‘Rempahkan Bumi, Pulihkan Dunia’. “Tema ini dipilih dengan mempertimbangkan maksud dan tujuan PKA, relevansinya dengan isu terkini secara global, serta terkoneksi dengan visi misi pembangunan daerah dan nasional. Jalur rempah merupakan jalur perniagaan populer yang mengangkut rempah sebagai komoditas utama ke seluruh dunia. Aceh patut berbangga karena 2 dari 20 titik jalur rempah Nusantara berada di Aceh,” kata Achmad Marzuki".

Share:
Komentar

Berita Terkini