Tol Trans Sumatera Gagal Nyambung Lampung-Aceh 2024, Kenapa?

Editor: Syarkawi author photo
Foto: Jalan Tol Trans Sumatera, Tol Bakauheni – Tol Terbanggi Besar (Dok. Hutama Karya)



Jakarta —- Target penyelesaian tol Trans Sumatera meleset dari rencana awal. Dalam RPJMN hingga 2024 seharusnya sudah bisa tersambung dari Lampung hingga Aceh.

“Dengan adanya keterbatasan lahan rencana awal target RPJMN bisa menyambung dari Aceh sampai Lampung hingga akhir 2024, tapi untuk saat ini kita akan bangun secara bertahap, artinya sampai 2024 kita upayakan menyambung dari Betung sampai Pekanbaru,” kata Direktur Jalan Bebas Hambatan Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, Budi Harimawan, kepada CNBC Indonesia.

“Jadi nantinya menerus dari Lampung, Palembang, Sumatera Selatan, Jambi hingga Pekanbaru,” katanya

Sementara untuk pembangunan jalan tol dibagian utara dari Binjai – Aceh dan Dumai – Kisaran akan diusulkan pada fase kedua. Artinya, menurut Budi karena keterbatasan lahan baru akan dikerjakan setelah tahun 2024.

Budi menjelaskan total panjang trans Sumatera itu mencapai 2.800 km. Dimana 1.200 km merupakan tulang punggung atau jalan utama dari Aceh hingga Lampung.

Proses pembangunan dibagi menjadi empat tahap. Dimana tahap satu sudah beroperasi sepanjang sekitar 500 km, sementara 550 km lagi dalam posisi konstruksi. Tahap kedua yang diusulkan menyambung Betung – Pekanbaru ada 574 km.

“Untuk menyambung Betung – Pekanbaru, saat ini baru ada dukungan loan untuk konstruksi 9 dari 15 seksi atau 350 km yang akan tersambung Betung – Jambi – Pekanbaru,” katanya.

Lalu tahap tiga penyelesaian ruas Dumai – Kisaran dan Binjai – Aceh sepanjang 658 km dilakukan setelah 2024. Sementara tahap keempat adalah pembangunan feeder atau jalan tol penopang jalan Trans Sumatera sepanjang 542 km.

Sebelumnya PT Hutama Karya (Persero) menargetkan 1.100 kilometer jalan Tol Trans Sumatera beroperasi pada awal tahun 2023 mendatang.

Pada Juli 2020 lalu MenteriPUPR Basuki Hadimoeljono sempat optimistis Trans Sumatera nantinya akan membentang sepanjang 2.800 kilometer, dari ujung Lampung hingga Aceh. Sampai saat ini, masih ada sekitar 1.291 km ruas jalan tol yang tengah dipersiapkan.

“Yang sudah operasi 390 km, yang under construction 1.194 km, dan sedang persiapan 1.291 km. Targetnya kita ingin selesaikan sampai dengan 2024,” kata Basuki kala itu.(Sumber: CNBC Indonesia)
Share:
Komentar

Berita Terkini