Italia Juara Euro 2020 Usai Menang Adu Penalti atas Inggris

Editor: Syarkawi author photo
Italia berhasil menjadi juara Euro 2020 setelah menang adu penalti atas Inggris. (AP/Laurence Griffiths)



Meuligoe Aceh.com — Italia berhasil jadi juara Euro 2020 (Euro 2021) usai mengalahkan Inggris lewat adu penalti 3-2 (1-1) di Stadion Wembley, London, Senin (12/7) dini hari WIB.

Inggris mampu unggul lebih dulu 1-0 saat pertandingan baru berjalan dua menit. Umpan silang Kieran Trippier dari sisi kanan penyerangan disambut tendangan first time Luke Shaw yang membobol gawang Gianluigi Donnarumma.

Setelah gol itu, Inggris tampil begitu nyaman dalam menguasai permainan sehingga membuat Italia kesulitan. Italia baru mendapatkan peluang di pertengahan babak pertama tetapi upaya Federico Chiesa belum berbuah gol penyama kedudukan.

Di babak kedua, Italia bermain jauh lebih baik dibandingkan babak pertama. Di sisi lain, Inggris yang fokus menjaga keunggulan justru mulai goyah karena terus ditekan.

Italia langsung mendapatkan peluang saat babak kedua baru berlangsung empat menit melalui tendangan bebas setelah Insigne dilanggar Raheem Sterling sedikit di luar kotak penalti pada menit ke-49. Insigne yang maju sebagai eksekutor coba melepaskan tembakan ke pojok kanan gawang yang masih melebar.

Peluang lain kembali didapat Italia setelah upaya Inggris untuk memperbesar skor lewat sundulan John Stones memanfaatkan umpan Luke Shaw masih bisa digagalkan Donnarumma.

Chiesa yang tampil begitu enerjik jadi pemain yang nyaris membobol gawang Jordan Pickford. Chiesa melepaskan tembakan yang diarahkan ke tiang jauh tetapi bisa digagalkan secara gemilang oleh Pickford.

Tekanan yang terus dilancarkan Italia akhirnya berbuah manis pada menit ke-67. Dari situasi sepak pojok, Marco Verratti bisa melakukan sundulan yang masih bisa diblok Pickford.

Bola liar yang dihalau Pickford mengenai tiang gawang dan Leonardo Bonucci yang berada di posisi terdekat bisa menyontek bola ke gawang kosong untuk mengubah skor jadi 1-1.

Kedua tim berupaya untuk mencetak gol kemenangan di sisa babak kedua tetapi tidak ada gol yang tercipta. Pertandingan Italia vs Inggris pun harus dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Di babak perpanjangan waktu, satu peluang terbaik didapat oleh Italia pada menit ke-103. Emerson bisa mengirimkan umpan terukur ke kotak penalti tetapi bola masih terlalu deras dan mengarah ke Pickford yang dengan cekatan langsung membuang bola.

Pada menit ke-113, Italia nyaris harus bermain dengan 10 orang setelah Jorginho melakukan pelanggaran keras kepada pemain pengganti Inggris, Jack Grealish. Jorginho terlihat menginjak bagian kaki Grealish tetapi wasit Bjorn Kuipers hanya menghadiahkan kartu kuning kepada Jorginho.

Setelah itu, Italia dan Inggris tidak bisa mencetak gol yang jadi pembeda di laga ini. Penentuan juara Euro 2020 pun harus ditentukan melalui adu penalti.

Dalam drama adu penalti, Italia berhasil keluar sebagai pemenang dengan skor 3-2 atas Inggris. Tiga penendang penalti Italia, Domenico Berardi, Leonardo Bonucci, dan Federico Bernardeschi bisa menjalankan tugas dengan baik dan hanya Andrea Belotti dan Jorginho yang gagal karena tendangannya bisa dibaca Pickford.

Sementara di kubu Inggris, Marcus Rashford, Jadon Sancho, dan Bukayo Saka gagal menjalankan tugas. Hanya Harry Kane dan Harry Maguire yang bisa menjalankan tugasnya dengan sempurna.


Susunan Pemain

Italia (4-3-3): Gianluigi Donnarumma; Giovanni Di Lorenzo, Leonardo Bonucci, Giogio Chiellini, Emerson; Nicolo Barella, Jorginho, Marco Verratti; Federico Chiesa, Ciro Immobile, Lorenzo Insigne

Inggris (3-4-3): Jordan Pickford; Kyle Walker, John Stones, Harry Maguire; Kieran Trippier, Kalvin Phillips, Declan Rice, Luke Shaw; Mason Mount, Harry Kane, Raheem Sterling

(Sumber: CNN Indonesia)
Share:
Komentar

Berita Terkini