Kadisdik Dayah Aceh: Ajak Pimpinan Dayah Sosialisasi Pentingnya Vaksinasi bagi Santri

Editor: Syarkawi author photo
Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh, Zahrol Fajri, S.Ag, MH

 


 

Banda Aceh | Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh, mengajak para Abu dan Teungku pimpinan dayah di Aceh, untuk mensosialisasikan pentingnya vaksinasi Covid-19 bagi para santri. Ajakan itu tertuang dalam surat imbauan yang diteken Kadis Pendidikan Dayah, Zahrol Fajri, Rabu (22/09/2021), kemarin.

“Kami mengajak kepada Abu/Teungku/pimpinan dayah untuk mensosialisasi baik kepada santri maupun orang tua/wali terhadap pentingnya vaksinasi Covid-19 dalam rangka mencapai kekebalan kelompok di masyarakat (herd immunity),” demikian salah satu poin imbauan itu.

Para Teungku dayah, dapat melakukan pendataan santri yang memenuhi kriteria penerima vaksinasi maupun santri yang ditunda vaksinasi covid-19. Nantinya santri yang akan divaksin terlebih dahulu dilakukan skrining test oleh tenaga medis.

Vaksinasi dapat dilakukan pada Puskesmas terdekat atau Pos Vaksinasi yang disediakan oleh Pemerintah dengan tetap menjaga Protokol Kesehatan yang ketat.

“Pimpinan dayah secara berjenjang melakukan pembinaan dan pengawasan atas pelaksanaan vaksinasi covid-19 bagi para dewan guru dan santriwan/santriwati dalam lingkungan dayah masing-masing,” demikian isi dari poin lainnya.

Vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat khususnya santri dilakukan untuk menindaklanjuti Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2021 tentang pelaksanaan vaksinasi dalam rangka Penanggulangan pandemi corona virus disease 2019 (covid-19) dan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Republik Indonesia Nomor 84 Tahun 2020.

Permenkes itu berisikan tentang pelaksanaan vaksinasi dalam rangka penanggulangan pandemi corona virus disease 2019 (COVID-19) yang bertujuan untuk Mengurangi transmisi/penularan COVID-19, menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat COVID-19, mencapai kekebalan kelompok di masyarakat (herd imunity), dan melindung: masyarakat dari COVID-19 agar tetap produktif secara sosial dan ekonomi.[*]

Share:
Komentar

Berita Terkini