Bati Tuud Koramil Baiturrahman Ajak Pemuda Berkolaborasi Demi Kemakmuran Gampong

Editor: Syarkawi author photo


Banda Aceh - Bati Tuud Koramil 14/Baiturrahman, Kodim 0101/Aceh Besar, Serma Sugito mengajak kepada para pemuda untuk bisa bersama-sama berkolaborasi demi kemakmuran gampong.

 

Hal tersebut disampaikan Serma Sugito dalam materi yang diberikan pada kegiatan pembekalan pembinaan pemuda Desa Neusu Jaya, Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Kamis (16/12/2021). 

 


Kegiatan yang digelar di Aula kantor Geuchik Neusu Jaya itu merupakan sebuah program pemberdayaan masyarakat yang digelar oleh pihak gampong tersebut dengan mengusung tema “Peluang dan Tantangan Berkelanjutan Pemuda Pemudi Dalam Membangun Gampong di Masa Pandemi Covid 19”.

 

Dijelaskan, bahwa peluang tidak dapat diraih apabila tantangan belum teratasi dengan baik. Tantangan itu sendiri adalah suatu hambatan yang dialami secara nyata dan perlu penanganan.

 

“Diera pandemi Covid 19 sekarang ini, cara menghadapi tantangan tersebut yaitu dengan mengikuti aturan pemerintah seperti penerapan posko Satgas Covid 19 dan Posko PPKM di gampong-gampong,” terangnya.

 

Untuk mengatasi tantangan tersebut, lanjutnya, juga perlu meningkatkan kekompakan antar seluruh elemen masyarakat. Jika hal itu sudah teratasi maka barulah suatu peluang dapat diciptakan untuk memajukan gampong.

 

“Peluang-peluang itu sendiri terbilang cukup banyak, bisa dengan menciptakan suatu inovasi dan kreatifitas terutama dari kalangan kawula muda. Makanya pemuda punya peran penting disini seperti mengedepankan talenta yang dimiliki baik baik segi musik dan memanfaatkan lahan kosong untuk bercocok tanam,” tuturnya.

 

Kesemua itu juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat yang bisa menguntungkan diri sendiri, kelompok dan gampong.

 

“Jika masyarakat gampong sudah dapat menghasilkan talenta muda yang dimiliki, maka hal itu dapat menunjang perekonomian di daerah tersebut,” tutupnya.

 

Kegiatan yang diikuti sebanyak 20 orang perwakilan pemuda pemudi Gampong Neusu Jaya turut dihadiri Camat Baiturrahman diwakili Sekcam Iqbal S.S.tp, Kapolsek Baiturrahman diwakili Aiptu Yusrizal, Kaur Pemerintahan Kecamatan Baiturrahman Wawan S.S.tp, Keuchik Neusu Jaya A.H.Nasution, dan para Kadus.[]

Share:
Komentar

Berita Terkini