Bank Aceh” Pertama Penyalur MLT BPJS Ketenagakerjaan di Indonesia

Editor: Syarkawi author photo

 

Banda Aceh | Dukung program Pemerintah dalam mendorong angka kepemilikan rumah bagi para pekerja di Indonesia, PT. Bank Aceh dan BPJS Ketenagakerjaan tandatangani kerjasama penyediaan layanan dan jasa perbankan.

Penandatanganan tersebut sekaligus menjadikan Bank Aceh sebagai bank syariah pertama di Indonesia yang memberikan layanan dalam rangka pemberian manfaat layanan tambahan berupa fasilitas pembiayaan perumahan.

Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Anggoro Eko Cahyo bersama dengan Direktur Utama Bank Aceh, Haizir Sulaiman secara resmi menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) sebagai tanda dimulainya sinergi antara kedua belah pihak, Kamis (24/03/2022) di Jakarta.

Direktur Utama Bank Aceh, Haizir Sulaiman mengatakan, penandatanganan kerjasama merupakan wujud komitmen Bank Aceh dalam mendukung ekosistem perbankan syariah. “Alhamdulillah, atas kepercayaan BPJS Ketenagkerjaan, Bank Aceh resmi menjadi bank syariah pertama di Indonesia yang dapat menyalurkan pembiayaan perumahan kepada peserta BPJS Ketenagakerjaan,” ujar Haizir.

Haizir menyatakan kesiapannya dalam mendukung program penyediaan perumahan bagi pekerja yang terdaftar kepesertaan pada BPJS Ketenagakaerjaan.

Sementara itu, Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Anggoro Eko Cahyo mengatakan kerja sama ini merupakan upaya bersama untuk menyukseskan program pemerintah dalam mendorong angka kepemilikan rumah bagi para pekerja di Indonesia melalui pemberian MLT berupa fasilitas pembiayaan perumahan dengan skema syariah. “Karena kita tahu rumah merupakan kebutuhan dasar yang harus dipenuhi oleh pekerja,” ungkap Anggoro.

Dijelaskan, program MLT ini telah bergulir sejak tahun 2016, namun di tahun 2021 pemerintah melakukan penyempurnaan dengan menerbitkan Permenaker nomor 17/2021. Dalam aturan baru tersebut, BP Jamsostek diberi keleluasan untuk memperluas jangkauan penyaluran program MLT dengan menggandeng Bank Himbara maupun Bank Daerah.

Sementara itu, Pemimpin Divisi Sekretariat Perusahaan, Said Zainal Arifin mengatakan, melalui penandatanganan kerjasama tersebut Bank Aceh dapat menyalurkan fasilitas pembiayaan perumahan perumahan.



" Kilas Bank Aceh "

Kantor Pusat Bank Aceh berlokasi di Jalan Mr. Mohd. Hasan No 89 Batoh Banda Aceh. Sampai dengan akhir tahun 2017, Bank Aceh telah memiliki 161 jaringan kantor terdiri dari 1 Kantor Pusat, 1 Kantor Pusat Operasional, 25 Kantor Cabang, 86 Kantor Cabang Pembantu, 20 Kantor Kas tersebar dalam wilayah Provinsi Aceh termasuk di kota Medan (dua Kantor Cabang, dua Kantor Cabang Pembantu, dan satu Kantor Kas), dan 17 Payment Point. Bank juga melakukan penataan kembali lokasi kantor sesuai dengan kebutuhan.

Riwayat dan Perubahan Nama Serta Badan Hukum

19 Nopember 1958 : NV. Bank Kesejahteraan Atjeh (BKA)

6 Agustus 1973 : Bank Pembangunan Daerah Istimewa Aceh (BPD IA)

5 Februari 1993 : PD. Bank Pembangunan Daerah Istimewa Aceh (PD. BPD IA)

7 Mei 1999 : PT. Bank Pembangunan Daerah Istimewa Aceh, disingkat menjadi: PT. Bank BPD Aceh.[]

Share:
Komentar

Berita Terkini