Satreskrim Polres Aceh Besar Tangkap Pelaku Pencurian HP

Editor: Syarkawi author photo


Aceh BesarTim unit Opsnal Polres Aceh Besar mengungkap tindak pidana pencurian 1 unit Handphone oleh pelaku berinisial FL (38) bekerja sebagai Security merupakan warga Desa Lam Ara Cut Kecamatan Kuta Malaka Kabupaten Aceh Besar.

Pelaku F di tangkap tim unit Opsnal Polres Aceh Besar bersama personil Polsek Suka Makmur Pada Minggu (24/4/2022) sekira pukul 23.30 Wib di halaman Mesjid Lamreung  Desa Menasah Papeun Kecamatan Krueng Barona Jaya Aceh Besar, karena melakukan tindak pidana pencurian Handphone milik korban Muhammad Ridwan Bin Suardi (22) warga Desa Keude Jangka Buya Kecamatan Jangka Buya Kabupaten Pidie jaya.

F ditangkap atas tindak pidana pencurian HP yang sebelumnya juga viral di medsos bahwa telah terjadi pencurian pada Selasa (19/4/2022) di halaman parkiran Bank Aceh Capem Aneuk Galoeng Kecamatan Suka Makmur Kabupaten Aceh Besar.

Atas peristiwa tersebut akhirnya Korban Muhammad Ridwan melaporkan hal itu ke Polsek Suka Makmur Polres Aceh Besar dengan Laporan Polisi Nomor: LP.B / 05/ IV / 2022 / SPKT/POLSEK SUKAMAKMUR/ POLRES ACEH BESAR/ POLDA ACEH tanggal 19 April 2022 tentang Tindak Pidana Pencurian.

Berawal dari laporan polisi yang dilaporkan korban, tim unit opsnal Satreskrim Polres Aceh Besar bersama Personil Polsek Seulimum yang dipimpin oleh Kasat Reskrim AKP Ferdian Chandra melakukan penyelidikan baik terhadap korban maupun pelaku yang belum teridentifikasi termasuk sepeda motor yang digunakan baik oleh korban maupun pelaku.

Dari hasil penyelidikan, tim Unit Opsnal Polres Aceh Besar diketahui korban pada Selasa (19/4/2022) sekira pukul 16:25 wib datang ke ATM Bank Aceh Simpang Aneuk Galong Desa Aneuk Galoeng Kecamatan Sukamakmur Kabupaten Aceh Besar untuk melakukan transaksi penarikan uang.

Sebelum masuk ke kamar ATM untuk melakukan transaksi, korban mengantri sambil duduk di sepeda motor miliknya dan HP (handphone) diletakkan dibox depan sepeda motornya, kata Kapolres Aceh Besar AKBP Charlie Syahputra Bustamam, S. I. K., M. H melalui Kasatreskrim Polres Aceh Besar AKP Ferdian Chandra S,Sos, MH dalam keterangannya Senin (25/4/2022).

Kasatreskrim Ferdian menjelaskan, Setelah korban keluar dari kamar ATM korban langsung menghidupkan sepeda motor menuju arah Banda Aceh, pada saat korban menuju arah Banda Aceh ±15 meter perjalanan dari tempat korban parkir sepeda motor, baru korban mengetahui bahwa HP (handphone) milik korban yang saat itu diletakkan di box depan sepeda motor  hilang.

Kemudian korban menjumpai security dan meminta bantu untuk melihat CCTV yang ada di Bank Aceh tersebut, kemudian security Bank Aceh mengatakan besok datang kembali karena Bank sudah tutup, jelas Ferdian.

Hasil rekaman CCTV diketahui bahwa pelakunya adalah orang yang keluar dari kamar ATM sebelum korban masuk ke ATM, kemudian oleh korban potongan rekaman CCTV tersebut di viralkan ke Medsos, kata Ferdian.

Selanjutnya Tim Unit Opsnal Sat Reskrim Polres Aceh Besar dan Personil Polsek Sukamakmur terus melakukan penyelidikan terhadap pelaku dan hasil penyelidikan tim dapat mengidentifikasi pelaku dan mengetahui keberadaan pelaku di Kecamatan Krueng Barona Jaya.

Kemudian pada hari Minggu (24/4/2022) Tim berhasil mendeteksi bahwa  pelaku berdomisili di Desa Menasah Papeun Kecamatan Krueng Barona Jaya Kabupaten Aceh Besar.

Sekira pukul 00.00 Wib, Tim berhasil melakukan penangkapan terhadap pelaku F dengan tanpa perlawanan, dimana petugas menyita barang bukti berupa Hp dan sepeda motor milik pelaku yang digunakan pada saat melakukan aksi tindak pidana pencurian.

Hasil interogasi petugas diketahui bahwa pelaku melakukan hal tersebut dikarenakan mendesak sedang tidak punya uang dan belum membeli baju lebaran untuk anaknya karna mengingat lebaran sudah sangat dekat, sehingga saat melihat Hp tersebut di box motor korban, langsung mengambilnya, kata Ferdian meniru pernyataan pelaku.

Tim unit Opsnal Satreskrim Polres Aceh Besar mengamankan pelaku F beserta barang bukti berupa 1 Unit Hp Android merk Samsung A-50, 1 Unit Honda Vario Techno 125 Nopol : BL 4146 AA,
Noka  : MH1JFJ119EK330385
Nosin : JFJ1E1333527 yang selanjutnya diamankan dan di bawa ke Polres Aceh Besar guna pemeriksaan lebih lanjut.

" Kepada pelaku di jerat dengan Pasal 362 KUH Pidana dengan ancaman pidana penjara paling lama 5 tahun penjara" , tutup Kasatreskrim.[]

Share:
Komentar

Berita Terkini