Cegah Paham Radikal, FKPT Aceh Gelar Sosialisasi Pelibatan Pemuda Dalam Pencegahan Radikalisme

Editor: Syarkawi author photo


Banda Aceh - Forum Koordinasi dan Pencegahan Terorisme (FKPT) Aceh menggelar kegiatan Pelibatan Pemuda Dalam Pencegahan Radikalisme dan Terorisme Dengan Pitutur Kebangsaan "Ekpresi Indonesia Muda" di Ruang Teater, Gedung Museum UIN Ar-Raniry, Darussalam, Banda Aceh, Kamis, 15 September 2022.


Ketua FKPT Aceh Mukhlisuddin Ilyas dalam sambutannya menyebutkan FKPT merupakan mitra strategis bagi BNPT dalam menjalankan tugas atau program pencegahan radikalisme dan terorisme di daerah. 


 "Acara seperti ini, FKPT mendapat dukungan penuh dari BNPT. Untuk kali ini, tema acara kita “Pelibatan Pemuda Dalam Pencegahan Radikalisme dan Terorisme”. Tema ini penting, karena elemen pemuda memiliki peran sentral dalam pencegahan radikalisme dan terorisme di Indonesia," sebut Mukhlisuddin.


Lebih lanjut, Mukhlisuddin mengingatkan seluruh peserta yang hadir tentang sosok Abubakar Basyir yang menjadi tersangka dan terpidana karena terbukti mendanai pelatihan Terorisme di Jalin Jantho Aceh Besar, pada tahun 2010 lalu 


"Pelatihan Terorisme di Jalin Jantho Aceh Besar itu harus menjadi pelajaran dan ingatan sejarah bagi pemuda di Aceh, bahwa Aceh punya sejarah kelam mengenai radikalisme dan terorisme," tukasnya.


Sebelum mengakhiri sambutannya, pihaknya juga menerangkan FKPT Aceh dan Pengelola Mata Kuliah Unit Pelaksana Teknis Mata Kuliah Umum (UPT MKU) Universitas Syiah Kuala, akan menerbitkan buku bersama dengan tema “Pencegahan terorisme berbasis kearifan lokal di Aceh”


"Gagasan ini sekaligus untuk mengajak masyarakat dan pemuda untuk mencegah berbagai bentuk dan strategi mengenai radikalisme dan terorisme di Aceh. FKPT berharap Aceh menjadi daerah yang nyaman dan terbebas dari isu radikalisme dan terorisme kedepannya," tutup Mukhlisuddin Ilyas.


Kegiatan ini melibatkan 100 orang peserta dari unsur pemuda, pelajar, dan mahasiswa. Hadir sebagai narasumber Rektor UIN Ar-Raniry, Prof. Dr. Mujiburrahman, M.Ag, Plt. Kasubbid Pengawasan BNPT, Faizal Yan Aulia, S.Fil., M.Sc. Plt, Pemateri sekaligus Praktisi Film Nasional, Ratrikala Bhre Aditya


Selain itu, acara tersebut juga dihadiri oleh seluruh pengurus FKPT Aceh seperti, Ketua FKPT Aceh, Dr. Mukhlisuddin Ilyas, M.Pd, Kabid Pemuda dan Pendidikan: Azwar A. Gani, S. Pd, Kabid Media Massa, Hukum dan Humas, Dr. Wiratmadinata, SH.,MH, Kabid Agama, Sosial dan Budaya : Dr. Sulaiman Tripa, SH., MH, Kabid Perempuan dan Anak, Suraiya Kamaruzzaman, ST., L.LM., MT, Kabid Pengkajian dan Penelitian: Rizkika Lhena Darwin, M.A.[*]

Share:
Komentar

Berita Terkini