Polres Aceh Selatan Gelar Sispam Mako

Editor: Syarkawi author photo

 Aceh Selatan  – Tiba-tiba saja, lonceng sebagai tanda peringatan (alarm stelling) dibunyikan. Dan seketika itu pula, seluruh personel Polres Aceh Selatan bergegas keluar dari ruangan masing-masing.

Selanjutnya, personel Polres Aceh Selatan menyebar ke setiap pos atau titik yang telah ditentukan dan membentuk kelompok atau regu untuk bersiaga terhadap kemungkinan yang akan terjadi.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari simulasi sispam mako (sistem pengamanan markas komando) untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesigapan dalam menghadapi bahaya.

Kabag Ops Polres Aceh Selatan AKP Mustafa mengatakan bahwa sispam mako merupakan bentuk pertahanan dari ancaman pihak luar yang ingin mengganggu stabilitas keamanan di lingkungan Kepolisian.

“Tujuan lain dari simulasi untuk melatih respon dan kesigapan personel untuk siap dikerahkan terhadap situasi yang membutuhkan perkuatan dalam situasi pengamanan,” ungkapnya, Kamis (19 Januari 2023)

Agar sispam mako dapat berjalan sesuai SOP, Kabag Ops menyatakan bahwa simulasi akan rutin digelar agar personel paham akan tugas dan perannnya masing-masing.

“Bagi personel, simulasi penting sebagai gambaran riil tentang kondisi atau fakta sesungguhnya di lapangan. Kegiatan ini akan digelar kembali pada kesempatan berikutnya,” pungkas Kabag Ops.[*]

Share:
Komentar

Berita Terkini