Dekranasda Aceh Tengah Raih Penghargaan Kategori Busana Etnik Daerah

Editor: Syarkawi author photo

 


Tapaktuan  - Dewan Kerajinan Nasional daerah (Dekranmasda) Kabupaten Aceh Tengah kembali menorehkan prestasi membanggakan dengan meraih juara untuk kategori produk busana etnik daerah pada ajang Pameran Dekranasda Aceh 2023 yang digelar di Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan. 

Penghargaan Bagi Dekranasda Aceh Tengah ini diserahkan oleh Wakil Ketua Harian Dekranasda Aceh, Melani Subarni kepada Pj. Ketua Dekranasda Aceh Tengah, Novita Mirzuan, dalam acara penutupan Pameran dan rakerda Dekranasda Aceh, Sabtu (17/6/2023) di Tapaktuan.

Kategori yang dimenaangkan oleh Dekranasda Aceh tengah adalah busana kreasi daerah modifikasi yang merupakan hasil rancangan desainer lokal berciri khas budaya Gayo.

"Kemarin saat busana ini diperagakan juga dilengkapi sinopsis terkait latar belakang dan filosofi setiap detail busana tersebut, sehingga dinyatakan sebagai pemenang iuntuk ketegori busana khas daerah" ungkap Novita, sesaat setelah menerima penghargaan tersebut.

lebih lanjut Novita merincikan, Tim Dekranasda Aceh Tengah berhasil mengumpulkan nilai 425 poin hingga menjadi pemenang untuk ketegori ini. Menurut Novita, keberhasilan ini adalah  berkat kerjasama dan upaya seluruh tim, selain itu menurutnya produk kerajinan kreatif khas Gayo juga memiliki mutu terbaik dan sangat inovatif. 

"Penghargaan ini membuktikan bahwa Kabupaten Aceh Tengah memiliki kerajinan khas yang harus terus dipertahankan, karena punya keunikan tersendiri dan kualitasnya juga sangat bagus," lanjutnya.

Untuk itu, Pj Ketua Deranasda Aceh Tengah, Novita juga mengapresiasi peran seluruh Tim Dekranasda Aceh Tengah dalam ajang Pameran Dekranasda kali ini dan berharap kedepannya dapat terus berkontribusi pada pengembangan sektor kerajinan kreatif di daerah itu. 

Menurut Novita, sektor kerajinan kreatif di Aceh Tengah selama ini juga terus mengalami peningkatan dan kemajuan signifikan. 

"Kami mengucapkan selamat untuk seluruh anggota Tim Dekranasda Aceh Tengah atas pencapaian yang sangat baik ini, semoga prestasi yang sudah kita raih ini mampu kita pertahankan dan kita tingkatkan pada masa-masa yang akan datang" pungkasnya.

Pameran dan Rakerda Dekranasda Aceh merupakan agenda tahunan Dekranasda Aceh yang dilaksanakan setiap tahun dengan tempat penyelenggaraan bergilir di semua kabupaten/kota di provinsi Aceh. Tahun sebelumnya (2022) Pameran dan Rakerda Dekranasda Aceh digelar di Takengon, Aceh Tengah, dan tahun ini, Kabupaten Aceh Selatan yang menjadi tuan rumah.[]

Share:
Komentar

Berita Terkini